Mengenal E-Absensi Mobile, Cara Mudah Presensi Online dari Rumah

Sistem e-absensi mobile memungkinkan para karyawan untuk bisa melakukan presensi online dari rumah. Sudah semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan sistem absensi ini karena terbukti mampu membantu mengelola data kehadiran karyawan secara lebih efektif dan efisien.

Tren kerja remote (remote working) atau WFH (Work From Home) terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini menandakan bahwa sudah ada semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan sistem e-absensi mobile untuk mencatat daftar kehadiran karyawannya.

Satu Aplikasi, beragam Fungsi!

Dokodemo-Kerja, Aplikasi Absensi Online terbaik dengan fitur lengkap untuk meningkatkan Produktivitas karyawan. Pengelolaan Absensi dan Cuti, Task Management, hingga Evaluasi kinerja karyawan hanya dengan satu aplikasi.

Kelola Karyawan Makin Mudah dengan Aplikasi HRD Dokodemo-Kerja. Coba Sekarang!

Dengan mengandalkan sistem tersebut, karyawan tidak perlu datang ke kantor untuk melakukan presensi. Mereka dapat melakukannya dengan mudah dari rumah atau lokasi manapun mereka berada selama mampu mengakses aplikasi e-absensi dari perangkat mobile yang dimiliki.

Jika perusahaan Anda sampai sekarang masih mencatat daftar presensi dan absensi secara manual, ada baiknya jika Anda mulai beralih menggunakan e-absensi mobile. Dengan demikian, proses pencatatan daftar hadir ataupun ketidakhadiran karyawan bisa lebih mudah untuk dilakukan. Selain itu, memanfaatkan sistem digital ini juga memungkinkan perusahaan Anda untuk bisa menjalankan sistem kerja fleksibel (flexible work arrangement) baik itu kerja remote, WFH, shifting, part time ataupun yang lain.

Apabila Anda masih asing dengan sistem digital ini, silakan simak artikel berikut. Kami akan menjelaskan apa itu e-absensi mobil untuk Anda. 

Apa yang Dimaksud dengan E-Absensi Mobile?

E-absensi mobile adalah suatu sistem elektronik untuk mencatat daftar kehadiran ataupun ketidakhadiran karyawan melalui perangkat mobile. E-absensi mobile ini juga dikenal dengan istilah aplikasi absensi online. 

Jika Anda tertarik untuk menggunakan sistem ini, Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu melalui App Store (iOS), Play Store (Android), atau melalui website resmi penyedia sistem e-absensi mobile. Setelah aplikasi terpasang di perangkat, Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan presensi dari rumah atau lokasi manapun selama perangkat tersebut terhubung dengan koneksi internet.

Perlu Anda tahu, selain berfungsi untuk mengelola kehadiran karyawan, umumnya sistem e-absensi mobile yang dikembangkan di Indonesia juga menyediakan berbagai fitur lain untuk memudahkan proses manajemen SDM di perusahaan. Beberapa contoh fitur tersebut seperti:

  • Manajemen cuti
  • Pemberitahuan keterlambatan karyawan
  • GPS tracker
  • Time tracker
  • Screen monitoring (memonitor aktivitas karyawan di perangkat desktop)
  • Manajemen tugas
  • Penggajian
  • dan lain-lain

Melalui berbagai fitur di atas, sistem akan membantu mengotomasikan beragam tugas-tugas HRD. Dengan demikian, tim HRD bisa lebih fokus untuk mengerjakan tugas krusial lainnya.

Sumber: www.freepik.com/jannoon028

Cara Presensi Online dari Rumah dengan E-Absensi Mobile

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, sistem e-absensi mobile memungkinkan karyawan untuk bisa melakukan presensi secara online dari rumah. Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan:

1. Unduh atau download aplikasi e-absensi dari Play Store, App Store, atau melalui website resmi penyedia sistem absensi.

2. Instal aplikasi e-absensi ke perangkat mobile yang Anda pergunakan baik itu smartphone atau tablet.

3. Login ke dalam aplikasi e-absensi menggunakan username dan password. Perlu Anda ketahui, sistem absensi ini umumnya akan dikelola oleh tim HRD perusahaan. Jadi, credential login biasanya akan disediakan oleh pihak perusahaan.

4. Anda bisa mulai melakukan presensi secara online dari rumah melalui aplikasi tersebut. Perlu Anda tahu, setiap aplikasi e-absensi memiliki cara yang berbeda-beda untuk mencatat jam kehadiran karyawannya. Beberapa di antaranya akan meminta user untuk menekan tombol start, tombol clock in, atau harus dengan mengirimkan swafoto.

5. Sistem akan mencatat data terkait jam kehadiran karyawan secara real time. Sistem kemudian akan menyimpan informasi tersebut ke dalam satu pusat data. Dengan demikian, jika perusahaan Anda memiliki beberapa cabang di kota lain, maka tim HRD dapat memantau kedisiplinan seluruh karyawan melalui aplikasi e-absensi mobile tersebut.

Baca Juga: Apa Itu Outsourcing? Pengertian, Jenis, & Keuntungannya bagi Perusahaan

Apa Manfaat Sistem E-Absensi Mobile bagi Perusahaan?

E-absensi mobile menawarkan berbagai keuntungan bagi bisnis Anda. Tidak heran jika semakin banyak perusahaan yang beralih dari sistem absensi konvensional menjadi menggunakan sistem absensi digital ini.

1. Menghemat biaya operasional

Harga aplikasi absensi online saat ini dijual dengan harga yang kompetitif. Selain itu penggunaan aplikasi digital juga akan menghemat atau menekan beberapa pengeluaran perusahaan seperti berikut:

  • Perusahaan tidak perlu melakukan instalasi perangkat fisik di setiap cabang gedung karena seluruh karyawan cukup menginstal aplikasi di perangkat mobile ataupun desktopnya.
  • Memungkinkan perusahaan untuk menjalankan sistem WFH atau kerja remote sehingga perusahaan dapat lebih menghemat biaya listrik, tidak perlu menyewa ruang kantor yang luas, dan tidak perlu membeli banyak kursi ataupun meja untuk karyawan.
  • Saat menggunakan sistem e-absensi mobile maka data-data terkait karyawan dapat dikelola secara digital sehingga perusahaan tidak perlu mengeluarkan banyak anggaran untuk membeli kertas, tinta, ataupun lemari arsip untuk menyimpan tumpukan dokumen.

2. Menghemat banyak waktu

Sebagai salah satu aplikasi HRD, sistem e-absensi mobile memberikan banyak kemudahan dalam pengelolaan tenaga kerja. Sistem ini dapat mengotomatiskan beragam tugas-tugas dasar tim HRD sehingga mereka bisa lebih fokus untuk mengerjakan hal krusial lainnya. Sebagai contoh, sistem e-absensi mobile umumnya menyediakan fitur bernama Employee Self Service (ESS) yang memungkinkan karyawan untuk bisa melakukan tugas-tugas HRD dasar secara mandiri misalnya mengunduh slip gaji, memperbarui data karyawan (pribadi), melihat kuota cuti, dan lain-lain. Dengan adanya fitur tersebut, tim HRD bisa sangat terbantu karena karyawannya dapat mencari info yang mereka butuhkan sendiri.

Solusi jitu kelola karyawan dari jarak jauh!

Sistem HRIS canggih untuk memonitor kinerja dan produktivitas karyawan Anda. WFO atau WFH? Kelola keduanya! Tetap Produktif dengan Dokodemo-Kerja.

Aplikasi HRIS terjangkau untuk tingkatkan produktivitas. Cek di sini!

Selain itu, sistem e-absensi mobile juga akan mengelola data melalui platform digital. Hal tersebut tentu jauh lebih efektif dan efisien karena beragam data dapat tersimpan dengan aman di dalam satu aplikasi. Bayangkan jika Anda memiliki ratusan atau bahkan ribuan karyawan yang datanya tersimpan dalam bentuk dokumen kertas. Tentu tim HRD akan sangat kewalahan ketika mencari data karyawan yang mereka butuhkan.

3. Produktiviatas dan disiplin kerja akan meningkat

Keuntungan lain yang bisa diperoleh dari pemanfaatan sistem e-absensi mobile adalah meningkatnya produktivitas serta rasa disiplin kerja karyawan. Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, sistem ini menyediakan fitur yang dapat melacak daftar kehadiran (jam clock in dan clock out), menghitung total jam kerja, memantau lokasi GPS karyawan, dan lain-lain. Saat karyawan dimonitor dengan baik, maka mereka akan cenderung lebih disiplin ketika bekerja. Selain itu, beragam fitur tersebut juga memungkinkan perusahaan untuk memantau kinerja karyawan sehingga mereka bisa menjadi lebih produktif bekerja.

Baca Juga: Apa Itu Disiplin Kerja? Apa Saja Faktor yang Mempengaruhinya?

Contoh Sistem E-Absensi Mobile yang Bisa Anda Gunakan

1. Dokodemo-Kerja

Salah satu contoh sistem e-absensi mobile terbaik di Indonesia adalah Dokodemo-Kerja. Selain dapat digunakan di perangkat mobile, aplikasi ini juga dapat Anda instal di perangkat desktop. Dengan demikian, kinerja karyawan yang bekerja dari kantor, rumah, ataupun secara mobile seperti tim sales tetap bisa dipantau dengan baik.

Dokodemo-Kerja juga memiliki fitur yang lengkap yaitu:

  • fitur absensi online
  • pelacak waktu kerja 
  • pelacak GPS
  • manajemen tugas
  • Employee Self Service
  • pemantau layar desktop karyawan
  • manajemen cuti
  • dan lain-lain

Beragam fitur di atas dapat Anda manfaatkan untuk mengelola tenaga kerja perusahaan secara lebih efektif dan efisien. Aplikasi ini juga dikembangkan dengan sistem keamanan yang baik sehingga data-data sensitif milik karyawan bisa tetap tersimpan dengan baik. Anda dapat mempelajari fitur Dokodemo-Kerja secara lebih lengkap dengan klik Fitur Aplikasi Absensi Dokodemo-Kerja.

2. Connecteam

Connecteam memungkinkan perusahaan untuk bisa melakukan manajemen sumber daya manusia dengan lebih mudah. Aplikasi ini juga bisa diakses dari perangkat mobile ataupun desktop. 

Untuk fitur-fiturnya, Connecteam menyediakan beberapa fitur yang bisa Anda pergunakan seperti:

  • manajemen absen dan penggajian
  • chat di dalam aplikasi
  • peringatan lembur
  • pelacak GPS
  • dan lain-lain

3. Hubstaff

Contoh e-absensi mobile selanjutnya adalah Hubstaff. Aplikasi ini juga menyediakan beragam fungsionalitas yang bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan produktivitas karyawan. 

Beberapa fitur yang tersedia di Hubstaff adalah sebagai berikut:

  • manajemen tenaga kerja 
  • pemantau kinerja karyawan
  • pelacak waktu
  • manajemen cuti dan hari libur
  • dan lain-lain

Beragam sistem e-absensi mobile di atas dapat Anda gunakan agar karyawan bisa melakukan presensi online dari rumah, kantor, atau lokasi mana pun. Selama perangkat yang digunakan terhubung koneksi internet, perusahaan pun bisa memantau kinerja dan kedisiplinan karyawan dengan mudah.

Jika Anda ingin mengetahui info lebih lanjut mengenai sistem e-absensi mobile dari Dokodemo-Kerja, jangan ragu untuk menghubungi kami. Tim kami akan dengan senang hati menjelaskannya untuk Anda. Selain itu, kami juga menerima pengembangan fitur custom sehingga aplikasi dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan perusahan. 

Related Articles

Related Articles