Yuk Cari Tahu Harga Aplikasi Absensi Online dan Cara Kerjanya di Sini!

Artikel berikut akan memberi Anda penjelasan mengenai cara kerja serta harga aplikasi absensi online yang ada di Indonesia. Silakan simak penjelasan kami berikut ini.

Satu Aplikasi, beragam Fungsi!

Dokodemo-Kerja, Aplikasi Absensi Online terbaik dengan fitur lengkap untuk meningkatkan Produktivitas karyawan. Pengelolaan Absensi dan Cuti, Task Management, hingga Evaluasi kinerja karyawan hanya dengan satu aplikasi.

Kelola Karyawan Makin Mudah dengan Aplikasi HRD Dokodemo-Kerja. Coba Sekarang!

Aplikasi absensi online menjadi aplikasi yang populer digunakan oleh banyak perusahaan saat ini. Semenjak pandemi Covid-19 muncul, banyak perusahaan yang menerapkan sistem kerja remote atau Work From Home (WFH) sehingga penggunaan aplikasi absensi online menjadi semakin dibutuhkan.

Seperti yang kita ketahui, sampai saat ini kita belum mengetahui kapan pandemi Covid-19 akan benar-benar berakhir. Hal ini membuat banyak perusahaan yang belum bisa menerapkan sistem kerja Work From Office. Di sisi lain, perusahaan harus tetap bisa mengelola data karyawan dengan baik. Perusahaan harus tetap mencatat daftar kehadiran, mengetahui daftar keterlambatan, serta menjaga produktivitas karyawannya.

Untungnya, kemajuan teknologi telah menghadirkan aplikasi monitoring karyawan yang memungkinkan bagi sebuah perusahaan untuk bisa mengelola karyawan meski dari jarak jauh sekalipun. Untuk menggunakannya, karyawan perusahaan cukup menginstal aplikasi di dalam perangkat dan menghubungkannya dengan koneksi internet. Setelah itu, data absensi akan terkirim secara real time ke database untuk dicek oleh tim HRD di perusahaan.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai cara kerja dan harga aplikasi absensi online, silakan simak penjelasan kami berikut ini.

Apa Itu Aplikasi Absensi Online?

Sesuai dengan namanya, aplikasi absensi online adalah aplikasi untuk melakukan absensi secara online (e-absensi). Aplikasi ini dapat mengelola data kehadiran karyawan mulai dari mencatat jam kehadiran karyawan, jam istirahat, jam selesai bekerja, total jam kerja selama kurun waktu tertentu, serta mengelola daftar cuti / izin karyawan.

Selain itu, biasanya aplikasi absensi online dikembangkan dengan teknologi Human Resources Information System ( HRIS). Sistem tersebut memungkinkan tim HRD untuk bisa mengelola, melacak, dan mengotomatiskan kebutuhan inti SDM secara online. Jadi, selain digunakan oleh karyawan sebagai aplikasi untuk memberikan absen, aplikasi ini juga memiliki fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan untuk menyederhanakan berbagai tugas HRD dasar di perusahaan. Harga aplikasi absensi online sendiri cukup beragam tergantung dari fitur dan fungsionalitas yang disediakan. 

Cara Kerja Aplikasi Absensi Online

Saat ini sudah ada banyak pilihan aplikasi absensi online. Perlu Anda ketahui bahwa masing-masing aplikasi tersebut memiliki cara kerja yang berbeda. Namun secara garis besar, untuk menggunakannya maka  pengguna diharuskan untuk mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut di perangkat yang mereka gunakan. Setelah itu, pengguna dapat melakukan absensi online dengan mudah dari fitur clock in dan clock out.

Saat digunakan oleh karyawan, sistem kemudian dapat mencatat dan mendokumentasikan data-data terkait aktivitas karyawan dari aplikasi. Semua data tersebut selanjutnya akan tersimpan pada satu tempat pusat data (database pusat) secara real time untuk dapat diakses oleh admin aplikasi atau tim HRD di perusahaan.

Berikut ini adalah cara kerja aplikasi absensi online Dokodemo-Kerja:

  • Pertama, Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasi Dokodemo-Kerja di perangkat Anda.
  • Login ke dalam aplikasi menggunakan kode, email, serta kata sandi yang sudah didaftarkan oleh perusahaan Anda.
  • Setelah masuk ke dalam aplikasi, Anda akan diminta untuk memilih tugas yang akan dikerjakan.
  • Untuk melakukan absensi online, Anda cukup menekan tombol “Play” yang tersedia di layar. Pada saat Anda menekan tombol tersebut, sistem akan mencatatnya sebagai jam kehadiran karyawan / jam karyawan mulai bekerja. Selain itu time tracker juga akan mulai berjalan untuk menghitung total jam kerja harian Anda.
  • Saat Anda selesai bekerja atau ingin mengambil waktu untuk beristirahat, maka cukup tekan tombol “Stop” dan time tracker akan berhenti menghitung jam kerja Anda.

Data Dikirim secara Real Time

Data-data absensi di atas akan dikirim ke dalam sistem database sehingga tim HRD dapat memantau apakah ada karyawan yang terlambat, lupa menyalakan sistem, atau terlalu lama mengambil waktu istirahatnya. Selain itu, ketika aplikasi absensi Dokodemo-Kerja ini Anda aktifkan (saat Anda menekan tombol “Play”), sistem juga akan mengirimkan info-info yang berguna untuk memantau produktivitas karyawan seperti lokasi karyawan bekerja dan screenshot layar desktop (untuk aplikasi desktop). Dengan demikian, tim HRD dan karyawan tetap dapat terhubung dan bisa saling percaya meski karyawan bekerja dari rumah dengan sistem WFH atau bekerja dengan sistem mobile di luar kantor.

Baca Juga: 5 Fungsi Aplikasi Absensi Mobile dalam Mengelola Tim Sales

Apa yang Membuat Aplikasi Absensi Online Bekerja Efisien?

Sistem absensi online telah mengotomatiskan manajemen kehadiran dan melacak jam kerja karyawan. Teknologi ini juga sudah semakin populer semanjak pandemi Covid-19 muncul karena banyak perusahaan terpaksa harus menerapkan sistem kerja Work From Home untuk menekan angka penularan virus. Meskipun nantinya, pandemi Covid-19 berakhir, penggunaan aplikasi absensi online akan tetap dibutuhkan karena beragam fitur yang ditawarkan dapat membawa berbagai kemudahaan untuk mengelola karyawan perusahaan.

Saat memilih aplikasi absensi online, perlu Anda pahami bahwa terdapat beberapa hal yang dapat membuat aplikasi tersebut berjalan secara efisien. Beberapa diantaranya seperti:

1. User friendly

Aplikasi harus user friendly atau mudah digunakan oleh karyawan. Perlu Anda ingat bahwa di dalam sebuah perusahaan terdapat karyawan dengan beragam usia. Untuk memastikan bahwa aplikasi absensi dapat bekerja secara efisien dalam mencatat daftar kehadiran karyawan, maka aplikasi harus memiliki tampilan dan fitur yang mudah untuk dioperasikan.

2.Fitur reporting

Perusahaan menggunakan aplikasi agar proses reporting tidak lagi perlu dilakukan secara manual. ANda hanya perlu export file dari aplikasi untuk mendapatkan dokumen laporan tentang daftar kehadiran karyawannya. Selain efektif dan efisien, hal ini tentu juga akan menghemat banyak waktu untuk pembuatan laporan.

3. Memiliki sistem keamanan yang baik

Aplikasi absensi online memiliki beragam fitur yang memungkinkan tim HRD untuk bisa mengelola data karyawan mulai dari data kehadiran sampai data pribadi. Oleh karena itu, sistem aplikasi harus memiliki tingkat keamanan yang baik. Perusahaan harus bisa memastikan bahwa data-data karyawan dapat terlindungi dengan baik di dalam aplikasi tersebut.

4. Memiliki harga yang kompetitif

Banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi aplikasi absensi dengan tujuan untuk menghemat pengeluaran kantor. Dengan memanfaatkan aplikasi absensi, perusahaan dapat mengizinkan lebih banyak karyawan yang bekerja dari rumah. Melalui cara ini perusahaan dapat menekan biaya operasional serta mampu mengurangi biaya cetak dokumen berbentuk kertas. Meskipun demikian, Anda tetap perlu mempertimbangkan harga aplikasi absensi online yang akan dipergunakan. Pastikan bahwa harga yang ditawarkan sepadan dengan fitur dan dampak positif yang diberikan mulai dari efisiensi pengelolaan karyawan sampai peningkatan produktivitas perusahaan.

Baca Juga: Tips Memilih Aplikasi Absensi Karyawan Terbaik untuk Perusahaan

Solusi jitu kelola karyawan dari jarak jauh!

Sistem HRIS canggih untuk memonitor kinerja dan produktivitas karyawan Anda. WFO atau WFH? Kelola keduanya! Tetap Produktif dengan Dokodemo-Kerja.

Aplikasi HRIS terjangkau untuk tingkatkan produktivitas. Cek di sini!
harga aplikasi absensi

Harga Aplikasi Absensi Online

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, saat ini ada banyak aplikasi absensi online dengan fitur dan harga yang berbeda-beda. Untuk harga aplikasi absensi online Dokodemo-Kerja adalah Rp 1.000.000 per-bulan untuk 10 orang pengguna.

Dengan harga tersebut, Anda akan memperoleh berbagai fitur yang berguna untuk memantau kedisiplinan dan produktivitas karyawan seperti:

1. Fitur absensi online

Untuk melakukan absensi secara digital, karyawan cukup menekan tombol “Play”, kemudian saat selesai bekerja, karyawan dapat menekan tombol “Stop”. Fitur ini sangat mudah digunakan sehingga semua karyawan dari berbagai kalangan usia dapat melakukan absensi secara digital.

2. Pelacak waktu / time tracker

Saat karyawan melakukan absensi dengan tombol “Play”, sistem akan mulai melacak dan menghitung total jam kerja karyawan. Fitur ini membantu tim HRD untuk memastikan bahwa karyawan bekerja sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh perusahaan seperti 8 jam perhari.

3. Tangkapan layar di perangkat desktop / desktop screenshot

Agar tim HRD dapat mengetahui aktivitas karyawan saat bekerja, maka fitur ini disediakan di dalam aplikasi absensi online. Saat digunakan di perangkat desktop, fitur ini akan mengambil screenshot layar perangkat untuk memastikan bahwa karyawan benar-benar bekerja di jam kerja dan tidak melakukan aktivitas lain diluar tugasnya seperti bermain game online, menonton film, bermain media sosial, atau yang lain.

4. Pelacak GPS

Untuk aplikasi selulernya, Dokodemo-Kerja memiliki fitur GPS tracking. Fitur tersebut berguna bagi perusahaan yang memiliki tim marketing atau tim sales yang bekerja di luar kantor karena mampu membantu mencatat lokasi karyawan saat berkunjung ke lokasi klien.

5. Sistem pelaporan

Untuk memudahkan sistem pelaporan yang harus dilakukan oleh tim HRD, maka Dokodemo-Kerja juga menyediakan sistem pelaporan yang berisi daftar jam kehadiran / keterlambatan karyawan. Sistem juga dapat menunjukan report terkait berapa alokasi jam kerja yang dipergunakan karyawan untuk menyelesaikan tugas.

6. Pengelola cuti atau izin

Dokodemo-Kerja menghadirkan fitur yang bisa digunakan oleh para karyawan untuk mengajukan cuti secara digital. Sistem juga dapat memperbarui kuota cuti setiap karyawan sehingga mereka tidak perlu berulang kali menanyakan hal tersebut kepada tim HRD.

7. Manajemen tugas karyawan

Dokodemo-Kerja menyediakan fitur task management yang memungkinkan perusahaan untuk bisa mengelola delegasi tugas dengan baik. Fitur ini dihadirkan agar perusahaan ataupun tim HRD dapat lebih mudah untuk melacak waktu yang dihabiskan karyawan setiap kali mereka mengerjakan tugas. 

Selain fitur-fitur di atas, perlu diketahui bahwa aplikasi Dokodemo-Kerja juga memiliki sistem keamanan yang kuat untuk melindungi data-data pribadi karyawan di dalamnya. Tampilan aplikasi juga sangat yang sangat user friendly sehingga mudah untuk dioperasikan oleh seluruh karyawan di perusahaan Anda. 

Jika saat ini Anda tertarik untuk beralih menggunakan sistem digital untuk mencatat daftar kehadiran karyawan, tidak ada salahnya jika Anda mencoba terlebih dahulu Dokodemo-Kerja versi demo yang kami sediakan secara GRATIS untuk Anda. Silakan klik di sini untuk mulai mencoba menggunakan versi demo aplikasi ini.

Anda juga bisa mendapat informasi lebih lanjut mengenai harga aplikasi dengan klik link berikut harga aplikasi absensi Dokodemo-Kerja. Jika terdapat pertanyaan terkait fitur atau cara kerja aplikasi, jangan ragu untuk menghubungi kami. Tim Dokodemo-Kerja akan dengan senang hati untuk membantu perusahaan Anda.

Related Articles

Related Articles