5 Kelebihan Aplikasi HRIS Online Cloud yang Perlu Anda Ketahui

Dokodemo-Kerja merupakan aplikasi HRIS online berbasis cloud dengan berbagai fitur dan keunggulan di dalamnya. Sampai saat ini, Dokodemo-Kerja sudah digunakan oleh banyak perusahaan di Indonesia untuk mengelola karyawan secara lebih efektif dan efisien.

Perlu Anda ketahui, aplikasi HRIS dapat berbasis on premise atau cloud. Ketika perusahaan memilih layanan on premise, maka penyimpanan data akan tersimpan di dalam database dan server yang dioperasikan oleh perusahaan itu sendiri. Sedangkan ketika perusahaan memilih layanan berbasis cloud, maka data-data yang dikelola akan tersimpan dengan baik di dalam pusat data server provider aplikasi HRIS.

Satu Aplikasi, beragam Fungsi!

Dokodemo-Kerja, Aplikasi Absensi Online terbaik dengan fitur lengkap untuk meningkatkan Produktivitas karyawan. Pengelolaan Absensi dan Cuti, Task Management, hingga Evaluasi kinerja karyawan hanya dengan satu aplikasi.

Kelola Karyawan Makin Mudah dengan Aplikasi HRD Dokodemo-Kerja. Coba Sekarang!

Meskipun teknologi HRIS tersedia dalam dua tipe yang berbeda namun saat ini sebagian besar perusahaan lebih memilih untuk menggunakan layanan cloud daripada on premise. Hal tersebut terjadi karena HRIS berbasis cloud memungkinkan perusahaan untuk dapat menyimpan data karyawan pada satu lokasi online dengan aman. Data juga dapat diakses dengan mudah kapan pun dan dimanapun selama perangkat terhubung dengan koneksi internet.

5 Kelebihan Aplikasi HRIS Online Cloud

1. Mengurangi penggunaan dokumen kertas

Aplikasi HRIS online berbasis cloud menghilangkan kebutuhan perusahaan akan penyimpanan file berbentuk kertas. Semua data-data karyawan akan tersimpan dengan aman secara digital di dalam cloud. Dengan demikian, tim HRD tidak perlu lagi mencari data karyawan dari tumpukan kertas sehingga mereka mampu menghemat lebih banyak waktu dan tenaga. 

2. Ketersediaan data untuk pekerja remote

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, HRIS online berbasis cloud memungkinkan penggunanya untuk bisa mengakses dan mengelola data dari manapun mereka berada. HRIS online cloud menggunakan sistem manajemen terpusat. Jadi, semua data-data yang dikumpulkan oleh aplikasi akan tersimpan di dalam satu tempat. Dengan demikian karyawan atau pihak HRD dapat membuka aplikasi HRIS dengan mudah tanpa harus menggunakan perangkat kantor.

Hal tersebut tentu akan sangat menguntungkan bagi para karyawan yang bekerja secara remote. Melalui aplikasi HRIS berbasis cloud seperti Dokodemo-Kerja, karyawan remote dapat mengajukan cuti, mengelola kehadiran, dan melakukan absensi secara real time dengan mudah.

Baca Juga: E-Absensi: Pengertian, Fitur, & Manfaatnya bagi Perusahaan

3. Lebih hemat biaya

Aplikasi HRIS online cloud tidak hanya memudahkan Anda dalam mengelola data namun juga dapat menghemat biaya perusahaan. Dengan layanan cloud, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menginstal additional hardware atau software.

Ketika menggunakan layanan on premise Anda perlu membeli sistem dan peralatan yang mahal. Namun dengan layanan berbasis cloud, Anda dapat menggunakan sumber daya dari penyedia aplikasi HRIS. Selain itu, menggunakan layanan cloud juga dapat mengurangi biaya maintenance atau pemeliharaan sistem.

4. Keamanan data

Keamanan data juga menjadi salah satu keuntungan yang ditawarkan oleh HRIS berbasis cloud. Dengan banyaknya data pribadi yang tersimpan di dalamnya, pihak pengembangan HRIS meningkatkan sistem keamanan aplikasi dan mengambil berbagai tindakan pencegahan cyber threat. Dalam melindungi data pengguna, aplikasi HRIS dapat melakukan enkripsi data hingga informasi sensitif yang tersimpan di dalamnya tidak akan bisa diakses oleh peretas.

5. Akses data secara real time

Aplikasi HRIS online seperti Dokodemo-kerja memiliki fitur Employee Self Service dimana karyawan dapat melakukan fungsi HR secara mandiri. Karyawan dapat mengajukan cuti, meminta slip gaji, atau melakukan personalisasi data. 

Dalam sistem berbasis cloud, semua data dan dokumen akan terintegrasi dan tersimpan di dalam satu tempat secara real time. Dengan demikian, ketika karyawan menggunakan fitur Employee Self Service dan melakukan perubahan, maka perusahaan tetap dapat menjaga konsistensi data. Aplikasi HRIS juga dapat membantu perusahaan untuk terhindar dari penggunaan data yang sudah tidak up to date.

Solusi jitu kelola karyawan dari jarak jauh!

Sistem HRIS canggih untuk memonitor kinerja dan produktivitas karyawan Anda. WFO atau WFH? Kelola keduanya! Tetap Produktif dengan Dokodemo-Kerja.

Aplikasi HRIS terjangkau untuk tingkatkan produktivitas. Cek di sini!

Beragam keuntungan dari layanan cloud di atas bisa Anda peroleh saat menggunakan Dokodemo-Kerja. Aplikasi HRIS online ini menyediakan berbagai fitur yang menguntungkan perusahaan dalam mengelola karyawannya.

Baca Juga: 5 Peran Penting Absensi Kehadiran Karyawan Remote di Perusahaan

Fitur-fitur Aplikasi HRIS online cloud Dokodemo-Kerja

1. Fitur absensi dan manajemen kehadiran

Aplikasi Dokodemo-Kerja menyediakan fitur yang dapat dipergunakan sebagai e-absensi. Dokodemo-Kerja juga memudahkan karyawan untuk melakukan manajemen kehadiran seperti mengetahui total jam kerja mingguan, melihat daftar keterlambatan, dan lain-lain.

2. Employee Self-ServiceĀ 

Karyawan dapat menggunakan Dokodemo-Kerja untuk menangani berbagai hal secara mandiri terkait data-data mereka di perusahaan. Dengan fitur ini,  melihat jumlah cuti yang tersisa dalam jangka satu tahun, pendelegasian tugas ketika karyawan cuti, pengajuan cuti, dan lain-lain.

3. Personnel tracking atau pelacakan karyawan

Sistem ini dapat digunakan oleh tim HRD untuk memantau pekerjaan, total jam kerja, dan lokasi karyawan yang bekerja secara mobile. 

4. Laporan

Untuk memudahkan tim HRD dalam membuat report, Dokodemo-Kerja juga hadir dengan fitur laporan. Dari fitur ini, perusahaan dapat mengetahui riwayat absensi karyawan dan total jam kerja karyawan.

Jika Anda saat ini tertarik untuk beralih ke sistem HRIS online maka Anda dapat mengandalkan Dokodemo-Kerja. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Dokodemo-Kerja, silakan hubungi kami. Anda juga bisa mengikuti webinar Dokodemo-Kerja secara gratis yang diadakan setiap minggunya. Info webinar selengkapnya silakan klik di sini.

Related Articles

Related Articles