Jenis-jenis Software HRIS yang Perlu Anda Ketahui

Terdapat beberapa jenis software HRIS di Indonesia yang mampu merampingkan manajemen SDM sehingga proses pengelolaan karyawan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Satu Aplikasi, beragam Fungsi!

Dokodemo-Kerja, Aplikasi Absensi Online terbaik dengan fitur lengkap untuk meningkatkan Produktivitas karyawan. Pengelolaan Absensi dan Cuti, Task Management, hingga Evaluasi kinerja karyawan hanya dengan satu aplikasi.

Kelola Karyawan Makin Mudah dengan Aplikasi HRD Dokodemo-Kerja. Coba Sekarang!

Seperti yang sudah kami jelaskan pada penjelasan “Definisi dan Fungsi Aplikasi HRIS, software ini memungkinkan tim HRD ( Human Resource Development) untuk menyimpan dan mengatur data berskala besar yang berkaitan dengan informasi karyawan. Selain itu, software HRIS di Indonesia juga dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan kedisiplinan karyawan terhadap peraturan-peraturan di kantor.

3 Kategori Software HR

Sebelum kami jelaskan apa saja jenis-jenis software HRIS, perlu Anda pahami terlebih dahulu bahwa secara garis besar teknologi software HR dibagi ke dalam 3 kategori utama yaitu:

  1. HRIS (Human Resource Information System) adalah perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola data, kebijakan, dan prosedur terkait karyawan di dalam suatu perusahaan.
  2. HCM (Human Capital Management) adalah perangkat lunak yang mencakup berbagai fitur HRIS namun memiliki tambahan fungsi lain yaitu talent management dan global capabilities seperti pemformatan multi-lingual dan multi-currency.
  3. HRMS (Human Resource Management System) adalah perangkat lunak yang biasanya memiliki berbagai fungsi HRIS dan berbagai kemampuan HCM dengan tambahan fungsi payroll dan absensi / TLM (Time and Labour Management).

Baca Juga: Manfaat Aplikasi HRIS Bagi Perusahaan & Karyawan

Jenis-Jenis Software HRIS

Solusi HR memang sudah semakin berkembang dan menyediakan berbagai fitur di dalamnya. Berdasarkan fungsinya, software HRIS terbagi ke dalam beberapa jenis, yaitu:

1. Operational HRIS

Sesuai dengan namanya, operational HRIS berfungsi untuk mengelola kebutuhan HR yang bersifat operasional. Jenis software HRIS ini akan membantu pihak manajer dalam pengambilan keputusan rutin dan berulang karena sistem mampu menyediakan berbagai data yang berkaitan sumber daya manusia yang mereka kelola. Secara garis besar, beberapa data yang disediakan seperti:

  • Employee Information Systems
    Data ini berisi kumpulan informasi mengenai profil karyawan seperti nama, alamat, jenis kelamin, kewarganegaraan, lama masa kerja, dan masih banyak lagi.
  • Position Control Systems
    Data-data yang berkaitan dengan posisi atau jabatan karyawan di suatu perusahaan. Pada umumnya, info-info yang disediakan oleh data base ini berguna untuk mengidentifikasi posisi apa saja yang kosong dan perlu untuk segera diisi.
  • Applicant Selection and Placement Information Systems
    Data-data yang disediakan akan dipergunakan oleh tim HR ketika proses seleksi kandidat untuk menemukan calon karyawan yang sesuai dengan apa dibutuhkan oleh perusahaan.
  • Performance Management Information Systems
    Data-data yang berkaitan dengan penilaian kinerja dan produktivitas karyawan. Data-data tersebut biasanya akan dipergunakan untuk promosi jabatan atau untuk memberhentikan karyawan.
  • Government Reporting and Compliance Information Systems
    Data-data yang berisi berbagai informasi untuk menjaga ketertiban administrasi agar tetap sesuai dengan peraturan pemerintah.

2. Tactical HRIS

Tactical HRIS dipergunakan untuk membantu pihak manajer ketika membuat keputusan yang berkaitan dengan alokasi sumber daya. Jenis HRIS ini memiliki beberapa sub part di dalamnya, yaitu:

  • Job Analysis and Design Information Systems
    Berisi data-data yang berkaitan dengan tugas, spesifikasi, dan tanggung jawab karyawan.
  • Recruiting Information Systems
    Secara garis besar akan berisi data-data mengenai rencana rekrutmen untuk menentukan posisi yang akan diisi serta keterampilan yang dibutuhkan untuk posisi tersebut.
  • Compensation and Benefits Information Systems
    Sesuai dengan namanya, data yang disediakan berisi informasi untuk membuat keputusan terkait pemberian kompensasi dan tunjangan yang akan diperoleh karyawan.
  • Employee Training and Development Systems
    Informasi untuk membantu tim HR dalam mengarahkan pelatihan untuk karyawan yang tertarik atau karyawan yang akan memperoleh manfaat dari pelatihan tersebut.

3. Strategic HRIS

Strategic HRIS adalah jenis software HRIS yang menyediakan data untuk pengambilan keputusan strategis. Biasanya strategic HRIS akan dipergunakan untuk mengelola negosiasi tenaga kerja, pengaturan tenaga kerja serta mendukung program HR tertentu.

Solusi jitu kelola karyawan dari jarak jauh!

Sistem HRIS canggih untuk memonitor kinerja dan produktivitas karyawan Anda. WFO atau WFH? Kelola keduanya! Tetap Produktif dengan Dokodemo-Kerja.

Aplikasi HRIS terjangkau untuk tingkatkan produktivitas. Cek di sini!

Dengan menggunakan strategic HRIS, Anda dapat mengetahui bagaiaman gambaran umum mengenai perecanaan tenaga kerja dan aset kerja yang Anda miliki. Strategic HRIS mempunyai beberapa komponen di dalamnya yaitu:

  • Information Systems Supporting Workforce Planning
    Berisi informasi mengenai kuantitas dan kualitas tenaga kerja yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Informasi tersebut dapat dipergunakan untuk perencanaan strategis jangka panjang seperti ketika perusahaan ingin memperluas target market baru, membuka cabang baru, dan lain-lain.
  • Information Systems Supporting Labor Negotiations
    Berisi berbagai informasi untuk mendukung proses negosiasi tentang tenaga kerja baik itu dengan pihak vendor, serikat pekerja, atau pihak yang lain.
  • Specialized Human Resource Information Systems Software
    Data-data yang mendukung untuk manajemen SDM.

4. Comprehensive HRIS

Comprehensive HRIS menghasilkan database yang saling terintegrasi dan bertindak sebagai suatu tempat yang berisi berbagai informasi yang dapat digunakan sewaktu waktu untuk menunjang kegiatan HR di suatu perusahaan.

Dari jenis-jenis software HRIS yang sudah disebutkan di atas, Anda dapat memilih jenis HRIS yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Dokodemo-Kerja adalah aplikasi HRIS terbaik di Indonesia yang menyediakan berbagai fitur berguna untuk pengelolaan SDM di perusahaan Anda!

Dokodemo-Kerja memiliki fitur e-absensi, pengajuan cuti, pengelola keterlambatan karyawan, dan masih banyak lagi

Lihat Fitur Dokodemo-Kerja Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Related Articles