Mengenal Fitur SISDM, Sistem Cerdas untuk Merampingkan Proses Manajemen SDM

Sistem Informasi Sumber Daya Manusia atau SISDM merupakan salah satu jenis perangkat lunak yang dibutuhkan oleh divisi SDM. Perangkat lunak ini menyediakan berbagai fitur yang berguna untuk proses manajemen SDM seperti mengelola dan memantau kinerja karyawan secara ringkas dan sederhana.

Satu Aplikasi, beragam Fungsi!

Dokodemo-Kerja, Aplikasi Absensi Online terbaik dengan fitur lengkap untuk meningkatkan Produktivitas karyawan. Pengelolaan Absensi dan Cuti, Task Management, hingga Evaluasi kinerja karyawan hanya dengan satu aplikasi.

Kelola Karyawan Makin Mudah dengan Aplikasi HRD Dokodemo-Kerja. Coba Sekarang!

Divisi SDM atau Sumber Daya Manusia memiliki peran penting di dalam sebuah perusahaan. Meskipun mereka tidak berhubungan langsung dengan profit perusahaan, mereka memiliki tanggung jawab penting untuk mengelola orang-orang / karyawan agar bisa menjalankan masing-masing perannya agar perusahaan dapat meraih tujuan yang ingin dicapai.

Divisi SDM tentu akan membutuhkan banyak tenaga dan waktu jika sebuah perusahaan memiliki ratusan karyawan. Untungnya, seiring dengan perkembangan teknologi yang terjadi saat ini, semua tugas-tugas divisi SDM dapat menjadi lebih ringan dengan hadirnya Sistem Informasi Sumber Daya Manusia atau SISDM.

Definisi SISDM

SISDM atau Sistem Informasi Sumber Daya Manusia adalah sistem atau program yang digunakan untuk mengorganisir dan mengelola data SDM di perusahaan atau instansi. Perusahaan dapat menggunakannya untuk menyimpan, memproses, dan mengelola data karyawan dengan mudah. Perlu Anda tahu, SISDM ini juga dikenal dengan istilah lain yaitu HRIS atau Human Resource Information Systems.

SISDM yang komprehensif menyediakan semua informasi / data karyawan pada satu tempat serta memiliki kemampuan analisis dan pelaporan yang terintegrasi. Oleh karena itulah, SISDM juga sering dimanfaatkan untuk mendukung proses pengambilan keputusan atau decision support system seperti pemberian bonus, promosi, atau yang lain karena dapat menyediakan berbagai informasi yang diperlukan terkait karyawan.

Baca Juga: Dokodemo-Kerja, Software HRIS untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Fitur-fitur Utama yang Ada di dalam SISDM

1. Centralized storage

Aplikasi SISDM atau HRIS dapat mengumpulkan, menyimpan, dan menampilkan data terbaru terkait karyawan ataupun kebijakan sebuah perusahaan. Semua data tersebut akan tersimpan pada satu tempat pusat data sehingga dapat memudahkan akses pengguna akhir.  

2. Recruitment management

Fitur ini dapat memudahkan divisi SDM dalam proses rekrutmen. SISDM dapat membantu Anda untuk menyusun tahapan rekrutmen mulai dari verifikasi informasi, interview, sampai proses onboarding atau penerimaan karyawan.

3. Employee onboarding

SISDM juga menyediakan fitur yang user-friendly untuk employee onboarding. Perusahaan dapat menjelaskan kebijakan perusahaan dan mengumpulkan data karyawan baru dengan mudah melalui sistem.

4. Talent management

Karyawan termasuk sumber daya yang berharga di dalam perusahaan. Namun untuk mengelola, mengembangkan, adn mempertahankan karyawan adalah tugas yang kompleks. SISDM dapat membantu Anda untuk melakukannya. Sistem SISDM biasanya akan menyediakan fitur talent management yang bisa Anda pergunakan untuk berbagai hal seperti melihat jumlah jabatan yang kosong, mengidentifikasi kesenjangan keterampilan, mengelola aktivitas pengembangan keterampilan, dan lain-lain.

Solusi jitu kelola karyawan dari jarak jauh!

Sistem HRIS canggih untuk memonitor kinerja dan produktivitas karyawan Anda. WFO atau WFH? Kelola keduanya! Tetap Produktif dengan Dokodemo-Kerja.

Aplikasi HRIS terjangkau untuk tingkatkan produktivitas. Cek di sini!

5. Employee Self-Service

Employee Self-Service atau ESS merupakan fitur yang memungkinkan karyawan untuk melakukan fungsi HR secara mandiri. Fitur ESS pada Sistem Informasi Sumber Daya Manusia pada umumnya diberikan dalam beberapa bentuk layanan seperti untuk personalisasi data, pengajuan cuti atau lembur, reimbursement, serta menerima slip gaji.

6. Time and Absence Management

SISDM dapat mengelola dan melacak absensi karyawan karena dapat dipergunakan sebagai aplikasi absensi online. Dengan fitur tersebut, sistem dapat memberikan berbagai informasi seperti jam kedatangan / jam keterlambatan, total jam kerja, serta informasi terkait ketidakhadiran karyawan baik itu karena alasan izin, cuti, ataupun sakit. Selain itu, melalui SISDM karyawan juga bisa mengajukan cuti tanpa perlu melalui proses yang panjang. 

7. Workforce analytics

SISDM akan memberikan laporan yang berisi berbagai insight mengenai tenaga kerja di perusahaan Anda. Beberapa contoh laporan yang tersedia seperti rangkuman absensi karyawan, total jam kerja, kegiatan karyawan, atau yang lain. Fitur ini tentu akan sangat membantu karena dapat dipergunakan untuk melihat bagaimana kinerja karyawan. Selain itu, fitur ini juga dapat membantu divisi SDM dalam pembuatan laporan bulanan.

Dari berbagai fitur yang sudah kami ajarkan di atas, dapat disimpulkan bahwa SISDM atau HRIS ini merupakan sistem cerdas yang dapat merampingkan proses manajemen SDM. Sistem ini memiliki banyak fitur yang dapat membantu berbagai tugas, sehingga divisi SDM dapat fokus pada tugas-tugas yang lain.

Sedang mempertimbangkan penggunaan SISDM/HRIS di perusahaan Anda?

Jadwalkan Konsultasi Dengan Tim Kami Sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles

Related Articles