Rekomendasi Software HR Terbaik untuk Mengelola Karyawan

Software HR adalah perangkat lunak yang sengaja dirancang dan ditujukan oleh tim HR untuk mengelola tenaga kerja di suatu perusahaan. Apabila Anda sedang mengelola bisnis berskala kecil ataupun besar, beberapa rekomendasi software HR yang kami sajikan berikut bisa berguna untuk proses pengelolaan tenaga kerja di perusahaan Anda.

Apakah Anda merasa overwhelmed dengan tugas-tugas HR? Jika jawabannya adalah “ya”, maka saat ini perusahaan Anda harus mulai berinvestasi untuk mempergunakan sebuah teknologi bernama software HR. Perangkat lunak ini hadir sebagai sebuah solusi bagi para praktisi HR yang sudah merawa kewalahan dalam menjalankan proses manajemen SDM di perusahaannya.

Satu Aplikasi, beragam Fungsi!

Dokodemo-Kerja, Aplikasi Absensi Online terbaik dengan fitur lengkap untuk meningkatkan Produktivitas karyawan. Pengelolaan Absensi dan Cuti, Task Management, hingga Evaluasi kinerja karyawan hanya dengan satu aplikasi.

Kelola Karyawan Makin Mudah dengan Aplikasi HRD Dokodemo-Kerja. Coba Sekarang!

Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang bahwa tenaga kerja atau karyawan merupakan salah satu sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan agar bisnisnya bisa berjalan dengan baik. Bahkan, sebagian besar orang mengungkapkan bahwa tenaga kerja adalah aset penting yang dimiliki perusahaan.

Oleh sebab itulah, saat ini beragam praktik manajemen SDM mulai lebih diperhatikan. Perusahaan juga memiliki lebih banyak tim untuk mengelola tenaga kerjanya mulai dari staff personalia, staff human capital, recruiter, human resource officer, talent acquisition, dan lain-lain.

Di era yang sudah modern dan serba digital seperti saat ini, sudah sewajarnya jika perusahaan Anda juga turut memanfaatkan teknologi untuk mengelola tenaga kerja. Baik perusahaan kecil maupun besar, bisa sama-sama memperoleh berbagai keuntungan karena proses manajemen SDM bisa berjalan dengan lebih baik.

Apa yang Dimaksud dengan Software HR (Human Resoure)?

Software HR adalah perangkat lunak untuk mengelola dan mengoptimalkan tugas HR sehari-hari di suatu perusahaan. Perangkat lunak tersebut menyediakan beragam fitur yang memungkinkan staf ataupun praktisi HR untuk bisa melakukan proses manajemen SDM secara lebih efektif dan sehingga sehingga aset penting perusahaan yaitu karyawan bisa menjadi lebih produktif dan menghasilkan lebih banyak keuntungan untuk bisnis perusahaan.

Perlu Anda ketahui, saat ini besar sistem yang digunakan oleh software HR adalah berbasis cloud, berbasis langganan, mudah diintegrasikan dengan program manajemen data lainnya, dan sangat dapat disesuaikan dengan kebutuhan, sasaran, dan anggaran masing-masing perusahaan. Dengan kata lain, sekarang ada solusi perangkat lunak SDM untuk setiap ukuran ataupun jenis perusahaan.

Baca Juga: Apa Itu HRIS: Pengertian dan Alasan Mengapa Banyak Perusahaan Mengandalkannya

e absensi

5 Rekomendasi Software HR untuk Mengelola Tenaga Kerja di Perusahan Anda

1. Dokodemo-Kerja

Salah satu contoh software HR yang banyak dipergunakan di Indonesia adalah Dokodemo-Kerja. Pada dasarnya, Dokodemo-Kerja merupakan aplikasi HRIS yang dikembangkan tidak hanya untuk memudahkan proses manajemen SDM namun juga membantu perusahaan untuk meningkatkan produktivitas dari para karyawannya. Selain itu, banyak perusahaan kecil ataupun besar yang memanfaatkan aplikasi untuk memantau kinerja karyawan dari jarak jauh. Jadi, jika perusahaan Anda saat ini mengelola karyawan yang bekerja dengan sistem remote working, Anda bisa mengandalkan Dokodemo-Kerja.

Beberapa contoh fitur software HR Dokodemo-Kerja

  • Presensi/absensi online: fitur yang bisa digunakan untuk melakukan presensi secara digital dari lokasi mana pun selama perangkat terhubung dengan koneksi internet. Pekerja remote bisa memanfaatkan fitur ini untuk proses presensi/absensi yang mudah.
  • Screen monitoring: fitur untuk membuat screenshot desktop karyawan. Dengan fitur ini, perusahaan bisa memastikan jika karyawannya tidak melakukan aktivitas-aktivitas lain di luar pekerjaannya seperti menonton film atau bermain game online.
  • GPS tracker: fitur untuk melacak lokasi GPS karyawan. Anda bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengetahui lokasi tim sales lapangan Anda.
  • Time tracker: untuk memastikan karyawan sudah bekerja selama 8 jam atau 7 jam perhari, perusahaan dapat memanfaatkan fitur time tracker ini.
  • Time and attendance management: aplikasi Dokodemo-Kerja dapat membuat daftar karyawan yang datang tepat waktu atau sering terlambat. Fitur ini berguna untuk membantu meningkatkan kedisiplinan karyawan.

Dokodemo-Kerja versi gratis:

Jika Anda tertarik untuk menggunakan software HR Dokodemo-Kerja, Anda bisa mencoba versi gratisnya dengan klik berikut Dokodemo-Kerja versi demo.

2. Workday

Software HR selanjutnya yang bisa Anda gunakan adalah Workday. Perangkat lunak ini menyediakan fitur-fitur yang cukup lengkap. Anda bisa menggunakan Workday untuk mengelola penggajian, pengembangan karir karyawan, dan manajemen SDM.

Beberapa contoh fitur Workday adalah sebagai berikut.

Solusi jitu kelola karyawan dari jarak jauh!

Sistem HRIS canggih untuk memonitor kinerja dan produktivitas karyawan Anda. WFO atau WFH? Kelola keduanya! Tetap Produktif dengan Dokodemo-Kerja.

Aplikasi HRIS terjangkau untuk tingkatkan produktivitas. Cek di sini!
  • Human Resource Management (HRM): fitur ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola dan mengatur tenaga kerja mereka secara lebih efektif.
  • Recruiting: fitur ini akan membantu menemukan, berbagi, terlibat, dan memilih kandidat internal dan eksternal terbaik untuk perusahaan Anda.
  • Payroll: sistem penggajian dari Workday memungkinkan penggunanya untuk bisa membantu proses pemberian gaji, membuat perhitungan penggajian, serta menjalankan laporan audit.
  • Time tracker: Workday memudahkan karyawan ataupun perusahaan untuk melacak waktu kerja mereka. Fitur ini dapat melacak waktu kerja ketika karyawan menggunakan desktop, tablet, atau perangkat seluler.

3. Zoho People

Zoho People adalah aplikasi manajemen SDM yang berbasis cloud untuk membantu merampingkan proses SDM Anda. Dengan desain UI yang intuitif, aplikasi ini mudah untuk dioperasikan. Aplikasi ini juga menggunakan centralized database sehingga catatan-catatan karyawan di seluruh departemen akan tersimpan di satu lokasi sehingga perusahaan bisa lebih mudah untuk mencari data-data yang dibutuhkan. 

Beberapa contoh fitur Workday adalah sebagai berikut.

  • Onboarding: fitur untuk membantu perusahaan untuk mengelola proses onboarding karyawan baru. Dengan fitur ini perusahaan bisa menyambut karyawan dengan baik, memberikan training, melakukan manajemen surat penawaran, dll.
  • Attendance Tracker: Anda bisa mengatur jam kerja perusahaan kemudian melacak jam kehadiran karyawan Anda melalui fitur ini. 
  • Leave Tracker: fitur ini dipergunakan untuk mengelola kebijakan cuti, hari libur, atau izin karyawan.
  • Keep track of time: fitur ini akan menyediakan timesheet karyawan baik secara harian, mingguan, atau bulanan.
  • Shift Schedule: untuk merampingkan penjadwalan shift kerja karyawan

4. Zenefits

Zenefits menjadi software HR yang dibuat khusus untuk bisnis berskala kecil hingga menengah. Meskipun begitu, fitur-fitur yang disediakan cukup lengkap untuk mengelola tenaga kerja di perusahaan Anda. Dengan Zenefits, Anda bisa mengelola tugas administrasi HR, mempersiapkan proses onboarding, recruiting, performance management, dan masih banyak lagi, 

Beberapa contoh fitur Zenefits adalah sebagai berikut.

  • Onboarding: Zenefits menawarkan fungsionalitas untuk membantu membuat surat penawaran.
  • Performance management: Anda bisa menggunakan fitur ini untuk memantau performa karyawan. Anda bisa menentukan goals dan melihat progress atau kemajuan yang dibuat karyawan untuk meraih goals tersebut.
  • Recruiting: fitur untuk mempermudah proses rekrutmen mulai dari posting lowongan kerja, melacak pelamar, hingga mempekerjakan karyawan.
  • Employee time & scheduling: Anda dapat mempergunakan fitur ini untuk melacak waktu kerja karyawan serta membuat jadwal kerja shift untuk karyawan.

5. BambooHR

BambooHR adalah software HR untuk bisnis kecil hingga menengah. Software ini menawarkan data analitik terkait karyawan sehingga membantu perusahaan dalam menentukan keputusan strategis tentang perencanaan tempat kerja, pergantian karyawan, pelacakan persetujuan, atau masalah SDM lainnya. Selain itu, BambooHR juga memiliki beragam fitur yang lain.

Beberapa contoh fitur BambooHR adalah sebagai berikut.

  • People Data & Analytics: fitur untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data karyawan. Dengan fungsionalitas ini, perusahaan bisa membuat keputusan berdasarkan data real.
  • Recruiting/hiring: BambooHR menghadirkan Applicant Tracking System untuk mempercepat proses seleksi dan rekrutmen karyawan
  • Onboarding: untuk mengelola masa orientasi karyawan seperti menyediakan kemampuan untuk memberikan tanda tanda elektronik, mengirim email selamat datang, dll
  • Compensation: fitur untuk mengumpulkan dan melacak data penggajian termasuk lembur. Perusahaan bisa memastikan proses penggajian menjadi lebih akurat dengan fitur ini.

Baca Juga: Mengenal Fitur SISDM, Sistem Cerdas untuk Merampingkan Proses Manajemen SDM

Itu dia beberapa rekomendasi software HR yang bisa Anda pergunakan. Jika Anda ingin menggunakan software yang mudah dioperasikan dan buatan developer Indonesia, maka Anda bisa menggunakan Dokodemo-Kerja. Anda juga bisa menghubungi tim Dokodemo-Kerja untuk pengembangan fitur custom. Dengan begitu, software bisa memiliki fitur yang benar-benar sesuai kebutuhan perusahaan Anda. 

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait fitur-fitur yang disediakan oleh Dokodemo-Kerja silakan klik Fitur HR Software Dokodemo-Kerja. Kami juga menyediakan versi demo yang bisa Anda coba secara GRATIS. Silakan klik di sini untuk mulai menggunakannya. 

Related Articles

Related Articles