5 Fungsi Aplikasi Absensi Mobile dalam Mengelola Tim Sales

Aplikasi absensi mobile adalah sebuah sistem absensi yang dapat digunakan oleh karyawan melalui perangkat mobile atau seluler. Sistem ini terbukti dapat membantu tim sales untuk bisa mengelola jam kerjanya menjadi lebih efektif dan efisien. 

Tim sales atau tim marketing merupakan salah satu divisi di perusahaan yang harus memiliki time management yang baik. Setiap menit yang mereka habiskan untuk kegiatan diluar pemasaran dapat mengarah pada hilangnya kesempatan untuk menghasilkan penjualan.

Satu Aplikasi, beragam Fungsi!

Dokodemo-Kerja, Aplikasi Absensi Online terbaik dengan fitur lengkap untuk meningkatkan Produktivitas karyawan. Pengelolaan Absensi dan Cuti, Task Management, hingga Evaluasi kinerja karyawan hanya dengan satu aplikasi.

Kelola Karyawan Makin Mudah dengan Aplikasi HRD Dokodemo-Kerja. Coba Sekarang!

Di sisi yang lain, tim HRD harus tetap melakukan tugasnya. Mereka membutuhkan absensi setiap karyawan di perusahaan sehingga mengharuskan tim sales untuk tetap datang ke kantor untuk sebelum melakukan kunjungan ke tempat klien. 

Hal tersebut tentu membuat tim sales atau tim marketing tidak bisa bergerak cepat untuk melakukan strategi pemasarannya. Jadi, sebagai solusinya hadirlah aplikasi absensi mobile. Dengan sistem absensi mobile ini, tim HRD tetap dapat mengelola karyawan yang bekerja secara mobile, serta dapat memudahkan tim sales perusahaan karena mereka tidak lagi perlu datang ke kantor untuk melakukan absensi.

Apa Itu Aplikasi Absensi Mobile?

Aplikasi absensi mobile adalah aplikasi yang dipergunakan untuk absensi karyawan melalui perangkat mobile seperti smartphone, laptop, tablet, atau yang lain. Selama perangkat terhubung dengan koneksi internet, karyawan dapat absen dimana lokasi mereka berada.

Untuk menggunakannya, karyawan terlebih dahulu perlu menginstal aplikasi di dalam perangkat yang mereka gunakan. Selanjutnya, karyawan cukup melakukan absensi melalui aplikasi tersebut.

Perlu Anda ketahui, masing-masing aplikasi absensi online memiliki fitur absensi yang berbeda. Beberapa diantaranya mengharuskan karyawan untuk melampirkan foto, namun ada juga yang menyediakan fitur absensi sederhana dimana karyawan hanya cukup dengan menekan tombol Start/Play, atau cukup dengan login ke aplikasi.

Setelah karyawan melakukan absensi di perangkat masing-masing, sistem akan mencatat aktivitas tersebut secara real time dan mengirimnya ke tim HRD. Dengan demikian, data absensi yang diperoleh akan tetap akurat.

Fitur Aplikasi Absensi Mobile

Secara garis besar, aplikasi absensi online menyediakan beberapa fitur utama. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Clock in dan clock out 

Clock in dan clock out adalah fitur untuk mencatat jam masuk dan jam selesai bekerja. Fitur ini harus ada di dalam aplikasi karena berfungsi untuk mengetahui apakah karyawan mulai bekerja secara tepat waktu atau terlambat.

2. Manajemen cuti

Selain mencatat daftar kehadiran karyawan, aplikasi absensi juga harus bisa mencatat data ketidakhadiran karyawan seperti karena sakit atau izin. Aplikasi juga biasanya aka menyediakan fitur pengajuan cuti yang mudah.

3. Time tracker

Time tracker adalah fitur untuk mencatat dan menghitung jumlah jam kerja karyawan. Ketika karyawan melakukan clock in maka sistem akan mulai menghitung dan ketika karyawan melakukan clock out maka sistem akan berhenti menghitung. Selanjutnya, sistem dapat mengakumulasikan jumlah jam kerja karyawan baik secara harian, mingguan, atau bulanan.

4. GPS tracker

Sesuai dengan namanya fitur GPS tracker dapat membantu melacak lokasi karyawan yang bekerja secara mobile. Fitur ini pada umumnya bekerja menggunakan Global Navigation Satellite System network untuk memberikan informasi lokasi dan melacak pergerakan.

5. Laporan

Untuk memudahkan tugas tim HRD, sistem absensi ini juga akan menyediakan laporan untuk Anda. Secara garis besar, laporan yang diberikan akan terkait dengan jam kehadiran karyawan, total jam kerja, pola shift karyawan, dan lain-lain.

Baca Juga: 5+ Peran Penting Task Management Software di Perusahaan

Manfaat Aplikasi Absensi Mobile dalam Mengelola Tim Sales

1. Menyediakan proses absensi yang lebih praktis

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, aplikasi absensi mobile dapat diakses selama perangkat terhubung dengan koneksi internet. Itu artinya, tim sales dapat melakukan absensi dimanapun mereka berada bahkan di lokasi klien sekalipun. Hal ini tentu menguntungkan tim sales karena mereka tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk perjalanan menuju kantor dan dapat segera menemui klien.

Meskipun demikian, tim HRD tetap akan memperoleh data absensi secara akurat. Aplikasi absensi mobile pada umumnya menyediakan database yang saling terintegrasi. Jadi, aplikasi dapat bekerja sebagai satu tempat yang berisi berbagai informasi terkait karyawan, salah satunya adalah jam absensi karyawan. Dengan demikian, tim HRD tetap dapat memantau kedisiplinan karyawan dan melihat apakah tim sales mulai bekerja secara tepat waktu atau terlambat.

2. Mempermudah tim HRD untuk monitoring lokasi tim sales

Seperti yang kita ketahui, divisi sales bekerja dari satu lokasi ke lokasi yang lain untuk menemui para klien. Terkadang tim HRD kesulitan untuk memonitor lokasi mereka dan mengharuskan tim sales untuk memberikan report terkait lokasi mereka.

Melalui aplikasi absensi mobile, hal tersebut tidak perlu dilakukan lagi karena pada umumnya aplikasi absensi seperti Dokodemo-Kerja sudah menyediakan fitur GPS tracker untuk para penggunanya. Pada Dokodemo-Kerja fitur GPS tracker ini dapat menunjukkan tanggal dan waktu yang dihabiskan karyawan di lokasi tertentu serta melacak rute perjalanan yang diambil oleh karyawan tersebut. Dengan demikian, tim sales dapat fokus pada pekerjaannya dan sistem yang akan membantu report lokasi ki tim HRD.

3. Mempermudah pelacakan jam kerja tim sales

Aplikasi absensi mobile tidak hanya berguna untuk melakukan absensi bagi karyawan. Aplikasi ini juga menyediakan beragam fitur yang memudahkan tim HRD untuk mengelola karyawannya yang bekerja secara remote ataupun di luar kantor.

Masing-masing perusahaan pada umumnya memiliki jam kerja yang berbeda. Namun perlu diingat bahwa setiap karyawan harus memenuhi kewajibannya untuk bisa bekerja dengan total 40 jam dalam seminggu. Bagi tim sales, melacak berapa total jam kerja mereka mungkin akan terasa sulit untuk dilakukan. Untungnya, aplikasi absensi online menyediakan fitur time tracking yang bisa mencatat berapa jam kerja karyawan dalam waktu satu hari, satu minggu atau satu bulan. Dengan demikian, tim HRD tidak perlu khawatir kepada para karyawan yang bekerja diluar kantor karena sistem tetap dapat memantau total jam kerja mereka secara akurat.

4. Meningkatkan time management yang lebih baik

Tim sales harus bisa mengelola waktu kerjanya dengan sebaik mungkin agar mereka dapat bertemu dengan beberapa klien potensial dalam waktu satu hari. Untuk meningkatkan time management yang baik, tim sales perlu memahami bagaimana mereka menghabiskan jam kerjanya. Cara ini dapat memberikan wawasan terkait cara penggunaan waktu yang tidak efektif dan efisien, 

sehingga tim sales bisa membuat perubahan yang lebih baik. 

Solusi jitu kelola karyawan dari jarak jauh!

Sistem HRIS canggih untuk memonitor kinerja dan produktivitas karyawan Anda. WFO atau WFH? Kelola keduanya! Tetap Produktif dengan Dokodemo-Kerja.

Aplikasi HRIS terjangkau untuk tingkatkan produktivitas. Cek di sini!

Untuk melakukan hal tersebut, tim sales dapat memanfaatkan time tracker ataupun GPS tracker yang ada di dalam aplikasi absensi mobile. Aplikasi ini dapat merekam berapa waktu yang dihabiskan untuk setiap kunjungan sehingga tim sales dapat menjadi lebih aware dengan pengelolaan waktu mereka.

5. Tingkatkan target penjualan tim sales

Seperti yang kita ketahui, tim sales di setiap perusahaan pada umumnya memiliki target penjualan. Secara tidak langsung, penggunaan aplikasi absensi online ini dapat mendorong tercapainya target. Aplikasi ini dibangun dengan beragam fitur seperti GPS tracker dan time tracker sehingga dapat membangun kedisiplinan dan tanggung jawab karyawan terhadap pekerjaanya.  Pada akhirnya, fitur di aplikasi absensi online dapat membantu time management yang lebih baik dan mendorong pola kerja tim sales menjadi lebih produktif.

Aplikasi Absensi Mobile Dokodemo-Kerja

Di Indonesia saat ini sudah ada beberapa aplikasi absensi mobile dan salah satu aplikasi yang bisa Anda andalkan untuk mengelola tim sales perusahaan adalah Dokodemo-Kerja.

Aplikasi ini dapat berjalan dengan baik melalui perangkat desktop ataupun mobile. Cukup dengan menginstal aplikasi dan menghubungkannya dengan koneksi internet, karyawan atau tim sales dapat mengaksesnya dengan mudah di mana saja dan kapan saja.

Dokodemo-Kerja dibangun dengan berbagai fitur di dalamnya, yaitu:

1. Fitur absensi online

Untuk melakukan absensi melalui Dokodemo-Kerja, pengguna harus login ke dalam aplikasi terlebih dahulu menggunakan email, password, serta company code yang sudah teregistrasi. Selanjutnya, setelah masuk ke dalam aplikasi maka pengguna cukup menekan tombol “Play” untuk memulai dan tombol “Stop” untuk berhenti. Saat Anda menekan tombol “Play”, maka sistem akan mulai bekerja untuk menghitung dan melacak jam kerja Anda.

2. Screenshot layar

Saat berjalan pada perangkat desktop, Dokodemo-Kerja dapat mengambil screenshot layar. Dengan fitur ini, tim HRD dapat mengetahui aktivitas yang dilakukan oleh masing-masing karyawan di perangkatnya. Meskipun demikian, Anda tidak perlu mengkhawatirkan persoalan privasi karena hasil screenshot yang diambil oleh sistem adalah gambar berkualitas rendah. Jadi, isi chat atau isi email rahasia tetap tidak dapat terbaca.

3. GPS tracker

GPS tracker kami sediakan untuk pengguna Dokodemo-Kerja versi mobile. Jadi, jika digunakan melalui perangkat smartphone, maka sistem dapat melacak lokasi serta menunjukkan rute yang diambil oleh karyawan yang bekerja di luar kantor. Fitur ini sangat cocok untuk melacak mobilitas tim sales atau tim marketing yang bekerja di luar kantor. 

4. Time tracker

Saat pengguna menekan tombol “Play” untuk melakukan absensi, time tracker Dokodemo-Kerja akan mulai berjalan. Sistem ini akan menghitung dan menampilkan berapa jam karyawan telah bekerja dalam waktu satu hari, satu minggu, atau satu bulan.

5.  Employee Self Service

Dokodemo-Kerja juga menyediakan fitur Employee Self Service sehingga karyawan dapat melakukan fungsi HRD secara mandiri. Di aplikasi ini, karyawan dapat melihat total jam kerja mereka, melihat jumlah kuota cuti yang tersisa, serta pengajuan cuti yang mudah. 

Baca Juga: Dokodemo-Kerja, Software HRIS untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Di era serba digital saat ini, sistem absensi online memang sudah semakin dibutuhkan. Dengan mengoptimalkan peran teknologi, perusahaan dapat membangun budaya kerja yang lebih baik sehingga mendorong perkembangan bisnis.

Jika saat ini Anda masih menggunakan sistem manual untuk mengelola karyawan, maka kini adalah saatnya untuk bertransformasi ke arah digital. Dokodemo-Kerja akan mempermudah pengelolaan karyawan dan mendorong produktivitas karyawan.

Tertarik dengan Dokodemo-Kerja? Cek fitur-fitur selengkapnya di sini.

Related Articles

Related Articles