Apa Itu Human Resource Management, Definisi & Fungsinya

Apa itu Human Resource Management atau HRM? Secara garis besar, Human Resource Management adalah sistem formal untuk mengelola orang-orang di dalam suatu perusahaan mulai dari proses perekrutan, manajemen kinerja, pemberian kompensasi, dan masih banyak lagi. Pelajari penjelasan selengkapnya di artikel berikut ini.

Perlu Anda tahu, sebuah perusahaan dalam menjalankan bisnisnya membutuhkan setidaknya 3 sumber daya utama yaitu sumber daya fisik, sumber daya finansial, dan yang terakhir adalah sumber daya manusia. Tidak bisa dipungkiri, meskipun perusahaan memiliki berbagai peralatan, bahan-bahan, serta modal yang besar namun bisnis tetap tidak bisa berjalan tanpa adanya bantuan dari orang-orang yang ada di dalamnya. 

Satu Aplikasi, beragam Fungsi!

Dokodemo-Kerja, Aplikasi Absensi Online terbaik dengan fitur lengkap untuk meningkatkan Produktivitas karyawan. Pengelolaan Absensi dan Cuti, Task Management, hingga Evaluasi kinerja karyawan hanya dengan satu aplikasi.

Kelola Karyawan Makin Mudah dengan Aplikasi HRD Dokodemo-Kerja. Coba Sekarang!

Bisnis yang sukses juga sangat tergantung dengan kualitas orang-orang di ada di perusahaan tersebut. Oleh karena itulah, Human Resource Management (Manajemen SDM) diperlukan sehingga perusahaan dapat mengelola dan mengembangkan orang-orang yang dimilikinya untuk mencapai tujuan bisnis yang ingin dicapai. 

Pada artikel kali ini, kami akan mengulas lebih dalam lagi mengenai apa itu Human Resource Management serta fungsi atau perannya bagi perusahaan. Silakan simak penjelasan kami berikut ini.

Apa Itu Human Resource Management?

Human Resource Management adalah sebuah sistem atau pendekatan strategis dan komprehensif untuk mengelola dan mengembangkan orang-orang serta budaya kerja yang ada di dalam sebuah perusahaan. Jika bisa dilakukan dengan baik, pendekatan atau sistem ini memungkinkan karyawan untuk lebih berkontribusi secara efektif bagi perusahaan dalam mencapai tujuan bisnis yang ingin dicapai oleh perusahaan.

Karyawan memang menjadi salah satu aset perusahaan yang sangat berharga. Jadi, Human Resource Management dilakukan agar aset tersebut bisa dikelola dengan sebaik mungkin. Beberapa contoh praktik HRM di perusahaan seperti melakukan proses seleksi dan rekrutmen, manajemen kinerja, memberikan pelatihan, perencanaan suksesi, pengelolaan kompensasi, serta pemanfaatan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SISDM) untuk proses manajemen tenaga kerja yang lebih efektif.

Baca Juga: Masuk Masa Probation Kerja? Ini Hal Penting yang Harus Diketahui

Pengertian Human Resource Management Menurut Para Ahli

Perlu Anda tahu, pengertian Human Resource Management juga sudah dijelaskan oleh beberapa ahli. Berikut beberapa di antaranya.

Edwin Flippo 

Menurut Edwin Flippo, Human Resource Management adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian pengadaan, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan dan pemisahan sumber daya manusia sampai tujuan individu dan masyarakat tercapai.

Michael J. Jucious

Menurut Michael J. Jucious, Human Resource Management adalah suatu bidang manajemen yang berkaitan dengan perencanaan, pengorganisasian, dan pengendalian fungsi pengadaan, pengembangan, pemeliharaan, serta pendayagunaan tenaga kerja yang dilakukan sedemikian rupa sehingga:

  • Tujuan untuk apa perkumpulan didirikan dan dicapai secara efisien dan efektif
  • Tujuan semua pegawai dilayani sampai tingkat yang optimal.
  • Tujuan masyarakat diperhatikan dan dilayani dengan baik. 

Gary Dessler

Menurut Gary Dessler, Human Resource Management adalah proses memperoleh, melatih, menilai, dan memberi kompensasi kepada karyawan, dan memperhatikan hubungan kerja mereka, masalah kesehatan, keselamatan, dan keadilan.”

Ricky W. Griffin

MSDM adalah serangkaian kegiatan organisasi yang diarahkan untuk menarik, mengembangkan, dan mempertahankan tenaga kerja yang efektif.

Baca Juga: Mengenal Teknik Pomodoro, Strategi Tingkatkan Fokus & Produktivitas Kerja

hr software
Sumber: www.freepik.com/rawpixel-com

Apa Fungsi Human Resource Management ?

1. Job design dan job analysis

Salah satu fungsi terpenting HRM adalah job design dan job analysis. Hal ini perlu dilakukan untuk memperoleh sumber daya manusia yang berkualitas serta sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Secara garis besar, job design adalah proses untuk menentukan peran dan tanggung jawab karyawan serta sistem dan prosedur yang harus mereka gunakan atau ikuti. Selain itu, fungsi HRM juga berkaitan dengan job analysis yaitu proses sistematis untuk mengumpulkan semua informasi tentang pekerjaan tertentu, termasuk persyaratan pekerjaan, seperti keterampilan, kualifikasi, dan pengalaman kerja. Hal tersebut perlu diidentifikasi secara rinci sehingga dapat digunakan untuk membantu perusahaan ketika melakukan proses rekrutmen karyawan.

2. Rekrutan dan seleksi karyawan

Fungsi Human Resource Management selanjutya adalah untuk membantu proses perekrutan dan seleksi karyawan yang efektif. Jika sebelumnya, tim HRD atau recruiter sudah menentukan job description serta kualifikasi yang dibutuhkan untuk posisi tertentu, maka mereka akan melakukan langkah selanjutnya yaitu mengadakan proses rekrutmen dan seleksi karyawan. 

Saat melakukan proses rekrutmen, kandidat akan melalui beberapa tahapan mulai dari screening, tes keterampilan, wawancara, hingga penawaran kontrak kerja. Jika kandidat yang dipilih menerima tawaran tersebut, maka perusahan bisa membuat kontrak kerja dengan kandidat tersebut.

Solusi jitu kelola karyawan dari jarak jauh!

Sistem HRIS canggih untuk memonitor kinerja dan produktivitas karyawan Anda. WFO atau WFH? Kelola keduanya! Tetap Produktif dengan Dokodemo-Kerja.

Aplikasi HRIS terjangkau untuk tingkatkan produktivitas. Cek di sini!

3. Pelatihan dan pengembangan karyawan

HRM memainkan peran yang sangat penting dalam mempersiapkan karyawan untuk tugas dan tanggung jawab yang lebih besar. Oleh karena itu, pelatihan dan pengembangan karyawan perlu dilakukan agar karyawan yang dimiliki oleh perusahan bisa terus meningkatkan keterampilan yang dimilikinya. Dengan demikian, perusahaan dapat turut serta menjaga kapabilitas karyawan sehingga mereka bisa terus menghasilkan kinerja yang lebih baik. 

Perlu Anda tahu, perusahaan yang dapat memberikan kesempatan kepada seluruh karyawannya agar bisa terus tumbuh dan berkembang merupakan perusahaan dengan lingkungan kerja yang sehat. Tidak heran jika perusahaan tersebut pada umumnya mampu mempertahankan retensi karyawan dengan lebih baik.

4. Kompensasi dan tunjangan

Fungsi HRM adalah untuk mengelola pemberian kompensasi dan tunjangan karyawan. Hal ini dilakukan untuk merumuskan pemberian kompensasi yang berguna bagi karyawan dan mampu menarik lebih banyak minat dari calon karyawan, namun di sisi lain tidak mengganggu keuangan perusahaan. Dengan pemberian remunerasi yang adil ini, diharapkan perusahaan bisa meningkatkan kesejahteraan karyawan, mendorong produktivitas karyawan yang lebih baik, serta membangun citra perusahaan yang positif.

5. Manajemen kinerja karyawan

Human Resource Management berfungsi untuk membantu mengelola manajemen kinerja karyawan yang efektif. Pada dasarnya, manajemen kinerja karyawan adalah pendekatan dinamis dan strategis untuk mempertahankan budaya kinerja tinggi dalam suatu organisasi. Tujuannya adalah untuk mendorong kinerja terbaik dari setiap karyawan dan menyelaraskannya dengan visi dan misi jangka panjang perusahaan.

Saat melakukan manajemen kinerja ini, ada beberapa contoh praktik yang bisa dilakukan yaitu:

  • memberikan feedback secara teratur
  • mengakui dan menghargai karyawan yang berkinerja baik
  • mengadakan program pelatihan dan pengembangan bagi karyawan
  • melakukan evaluasi kinerja bulanan atau setiap triwulan  
  • dan masih banyak lagi.

6. Menjaga employee engagement 

Employee engagement dapat dikatakan sebagai sebuah komitmen emosional yang dimiliki karyawan terhadap perusahaan tempat mereka bekerja. Oleh karena itu, tingkat employee engagement yang tinggi akan mendorong produktivitas yang lebih baik serta kepuasan karyawan (employee satisfaction) yang lebih besar. Di sinilah, proses Human Resource Management dibutuhkan. Perusahaan harus bisa mencari dan menerapkan berbagai pendekatan yang dapat meningkatkan employee engagement. Contohnya seperti memberikan kompensasi kepada karyawan, memperhatikan hubungan kerja antar sesama karyawan atau dengan perusahaan, memperhatikan kesehatan dan keselamatan karyawan ketika bekerja, dan masih banyak lagi.

Itu dia informasi yang bisa kami sampaikan mengenai apa itu Human Resource Management (HRM). Secara garis besar HRM dibutuhkan oleh semua perusahaan agar sumber daya manusia yang dimilikinya bisa dikelola dengan sebaik mungkin agar kesejahteraan karyawan bisa tetap terjaga dan mampu membantu perusahaan dalam mencapai tujuan bisnisnya. Di perusahaan berskala besar, umumnya terdapat departemen HRM yang secara khusus bertugas untuk melakukan manajemen SDM di perusahaan tersebut. Selain itu, mereka umumnya juga memanfaatkan teknologi agar proses pengelolaan karyawan bisa dilaksanakan secara efektif dan efisien seperti dengan aplikasi Human Resource Management System atau aplikasi Human Resources Information System.

Di Indonesia sendiri, saat ini sudah ada semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi untuk mengelola tenaga kerjanya. Salah satu contohnya adalah aplikasi HRIS bernama Dokodemo-Kerja. Aplikasi ini dirancang secara khusus untuk mempermudah tugas-tugas tim HRD mulai dari mengumpulkan data karyawan, mencatat jam kehadiran, melacak kedisiplinan, memantau produktivitas karyawan, dan masih banyak lagi. 

Dokodemo-Kerja, Aplikasi HRIS untuk Membantu Mengelola Karyawan secara Efektif

Dokodemo-Kerja sebenarnya adalah salah satu contoh aplikasi Human Resources Information System (HRIS). Meskipun perusahaan banyak memanfaatkan aplikasi Human Resource Management System untuk mengelola SDM yang dimilikinya, namun aplikasi HRIS Dokodemo-Kerja cukup kompeten untuk membantu proses manajemen SDM secara efektif dan efisien.

Dokodemo-Kerja hadir dengan berbagai fitur yang akan mempermudah tim HRD perusahaan dalam mengawasi kedisiplinan, kinerja, ataupun produktivitas karyawan. Beberapa contoh fitur yang kami sediakan seperti:

  • absensi online: secara otomatis dapat mencatat daftar kehadiran karyawan sekaligus menginformasikan siapa saja karyawan yang datang terlambat.
  • pelacak/penghitung waktu: fitur ini akan membantu menghitung total jam kerja karyawan baik secara harian, mingguan, atau bahkan bulanan.
  • manajemen tugas: fitur ini dapat dimanfaatkan untuk mengelola atau memantau tugas-tugas yang sedang dikerjakan oleh karyawan. Anda bisa mengetahui berapa total waktu yang dibutuhkan setiap karyawan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang didelegasikan kepadanya.

Selain fitur-fitur di atas, Dokodemo-Kerja juga masih memiliki beberapa fungsionalitas lain. Anda bisa mempelajarinya lebih lanjut melalui link berikut Fitur Dokodemo-Kerja. Kami juga menerima layanan pengembangan fitur custom sehingga aplikasi HRIS ini bisa sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Silakan hubungi kami untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap. 

Related Articles

Related Articles