Pengertian Manajemen SDM Menurut Para Ahli dan Tujuannya, Cek di Sini!

Pada artikel berikut ini, kami akan berbagai informasi terkait pengertian manajemen SDM menurut para ahli. Kami juga akan menjelaskan apa tujuan dari manajemen SDM di sini. Silakan simak penjelasan kami berikut.

Di dalam suatu perusahaan, Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) atau Manajemen SDM merupakan salah satu tugas penting yang perlu dilakukan oleh tim HRD. Hal tersebut dilakukan karena secara garis besar Manajemen SDM dapat membantu perusahaan dalam mempertahankan orang-orang yang bekerja di dalamnya. Selain itu, proses manajemen ini juga berguna untuk menjembatani kesenjangan antara kinerja para karyawan dengan tujuan strategis yang ingin dicapai oleh suatu perusahaan.

Satu Aplikasi, beragam Fungsi!

Dokodemo-Kerja, Aplikasi Absensi Online terbaik dengan fitur lengkap untuk meningkatkan Produktivitas karyawan. Pengelolaan Absensi dan Cuti, Task Management, hingga Evaluasi kinerja karyawan hanya dengan satu aplikasi.

Kelola Karyawan Makin Mudah dengan Aplikasi HRD Dokodemo-Kerja. Coba Sekarang!

Di sisi lain, perlu kita pahami bahwa Sumber Daya Manusia seperti karyawan merupakan aset penting yang harus dijaga, dikelola, dan dikembangkan. Tanpa adanya Sumber Daya Manusia yang dikelola dengan baik, maka perusahaan tidak bisa memproduksi barang / jasa, tidak bisa menghasilkan keuntungan, dan pada akhirnya tidak dapat berkembang.

Jadi, sebenarnya apa itu Manajemen SDM? Berikut pengertian Manajemen SDM menurut para ahli.

Pengertian Manajemen SDM Menurut Para Ahli

Secara general, pengertian Manajemen SDM atau Human Resource Management adalah istilah yang menggambarkan sistem formal untuk mengelola orang-orang di dalam suatu perusahaan. Saat melakukannya, tim HRD biasanya akan menerapkan berbagai strategi untuk memastikan bahwa perusahaan dapat mencapai tujuannya dengan SDM yang dimilikinya. Beberapa area utama yang akan dikelola adalah sebagai berikut:

  • Proses rekrutmen dan seleksi karyawan
  • Manajemen kinerja
  • Pelatihan dan pengembangan
  • Perencanaan suksesi
  • Pemberian benefit dan tunjangan
  • Human Resources Information System atau Sistem Informasi Sumber Daya Manusia

Sedangkan pengertian Manajemen SDM menurut ahli adalah sebagai berikut:

1. Malayu S.P. Hasibuan

Manajemen SDM adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan, dan masyarakat.

2. Dessler

Manajemen SDM adalah kebijakan dan latihan untuk memenuhi kebutuhan karyawan atau aspek-aspek yang terdapat dalam Sumber Daya Manusia seperti posisi manajemen, pengadaan karyawan atau rekrutmen, penyaringan, pelatihan, kompensasi, dan penilaian prestasi kerja karyawan. 

3. Mathis dan Jackson 

Manajemen SDM adalah sistem formal dalam suatu organisasi untuk memastikan penggunaan yang efektif dan efisien atas bakat manusia untuk mencapai tujuan organisasi.

4. Edwin B. Flippo 

Manajemen SDM adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian pengadaan, pengembangan, kompensasi, integrasi, pemeliharaan, dan pemutusan hubungan kerja dengan sumber daya manusia sampai tujuan individu, organisasi dan masyarakat tercapai. 

5. Ricky W. Griffin

Manajemen SDM adalah serangkaian kegiatan organisasi yang diarahkan untuk menarik, mengembangkan, dan mempertahankan tenaga kerja yang efektif.

6. Anwar Prabu Mangkunegara

Manajemen SDM adalah suatu perencanaan, pengorganisasian, pengoordinasian, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian balas jasa, pengintegrasian, pemeliharaan dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

7. Mutiara S. Panggabean

Manajemen SDM adalah suatu proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pimpinan dan pengendalian kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan analisis pekerjaan, evaluasi pekerjaan, pengadaan, pengembangan, kompensasi, promosi dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

8. M. Manulang 

Manajemen SDM adalah seni dan ilmu pengadaan, pengembangan dan pemanfaatan Sumber Daya Manusia sehingga tujuan organisasi direalisasikan secara daya guna dan adanya kegairahan kerja dari semua tenaga kerja.

9. Handoko

Manajemen SDM adalah penarikan, seleksi pengembangan, pemeliharaan dan manusia untuk mencapai baik tujuan individu dan organisasi. 

10. Herman Sofyandi

Manajemen SDM adalah suatu strategi dalam menerapkan fungsi-fungsi manajemen yaitu planning, organizing, leading dan controlling, di dalam setiap aktivitas/fungsi operasional SDM mulai dari proses penarikan, seleksi, pelatihan dan pengembangan, penempatan yang meliputi promosi, demosi dan transfer, penilaian kinerja, pemberian kompensasi, hubungan industrial, hingga pemutusan hubungan kerja, yang ditunjukkan bagi peningkatan kontribusi produktif dari SDM organisasi terhadap pencapaian tujuan organisasi secara lebih efektif dan efisien. 

Dari beberapa pengertian Manajemen SDM menurut para ahli yang sudah kami sebutkan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan suatu proses pengelolaan SDM di dalam perusahaan agar dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuan yang sudah ditentukan secara lebih efektif dan efisien .

Sumber: www.freepik.com/jcomp

Apa Tujuan Manajemen SDM?

Saat melakukan proses manajemen SDM, tim HRD dapat merancang strategi terbaik agar proses pengelolaan SDM di perusahaan bisa berjalan dengan lancar. Contohnya seperti menjalankan sistem rekrutmen yang efektif untuk menemukan kandidat berkualitas, melakukan pelatihan keterampilan karyawan, memberikan kompensasi, memanfaatkan SISDM, dan masih banyak lagi. Berbagai strategi tersebut dirancang dengan tujuan agar perusahaan bisa mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dengan lebih efektif dan efisien. 

Tujuan Manajemen SDM Secara General

Jika diambil kesimpulan, secara garis besar proses Manajemen SDM dilakukan untuk mencapai beberapa tujuan yaitu:

  • memastikan bahwa SDM perusahaan dapat dimanfaatkan secara efektif
  • memastikan bahwa perusahaan dapat mengembangkan kemampuan SDM secara optimal
  • menjaga dan meningkatkan semangat kerja yang tinggi pada SDM
  • memastikan bahwa perusahaan memiliki tenaga kerja yang berkualitas dan memiliki motivasi kerja yang baik
  • meningkatkan keterampilan karyawan sehingga dapat lebih produktif bekerja
  • membangun kerja sama tim yang lebih kuat
  • menjaga budaya kerja yang positif
  • mengidentifikasi apa kebutuhan SDM di perusahaan
  • menciptakan image perusahaan yang positif bagi para karyawan ataupun pemangku kepentingan internal

Baca Juga: 5 Tips Manajemen SDM yang Baik untuk Para HRD di Perusahaan

Tujuan Manajemen SDM menurut Sadili Samsudin

Sedangkan menurut Sadili Samsudin yaitu penulis buku Manajemen Sumber Daya Manusia, tujuan Manajemen SDM adalah untuk memperbaiki kontribusi produktif tenaga kerja terhadap organisasi dengan cara yang bertanggung jawab baik secara strategis, etis, dan sosial. Jika dijabarkan maka tujuan Manajemen SDM adalah sebagai berikut:

1. Tujuan Sosial

Tujuan Manajemen SDM adalah agar organisasi atau perusahaan dapat bertanggung jawab secara sosial dan etis terhadap kebutuhan dan tantangan masyarakat dengan meminimalkan dampak negatifnya. Jadi, dengan melakukan Manajemen SDM, perusahaan diharapkan dapat meningkatkan

Solusi jitu kelola karyawan dari jarak jauh!

Sistem HRIS canggih untuk memonitor kinerja dan produktivitas karyawan Anda. WFO atau WFH? Kelola keduanya! Tetap Produktif dengan Dokodemo-Kerja.

Aplikasi HRIS terjangkau untuk tingkatkan produktivitas. Cek di sini!

kualitas masyarakat dan membantu memecahkan masalah-masalah sosial di dalamnya seperti dengan mengadakan program pelatihan dan pengembangan, menyelenggarakan dan mensponsori berbagai kegiatan sosial, dan lain-lain.

2. Tujuan Organisasional

Sasaran formal yang ditentukan untuk membantu organisasi untuk mencapai tujuannya. Pada umumnya, perusahaan akan membentuk tim HRD atau tim SDM untuk membantu mewujudkan tujuan perusahaan yang sudah ditetapkan. 

3. Tujuan Fungsional

Untuk mempertahankan kontribusi dari departemen manajemen SDM pada tingkat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Departemen SDM akan dituntut

untuk mampu menyediakan program-program rekrutmen dan pelatihan ketenagakerjaan di perusahaan.

4. Tujuan Individual

Tujuan individual adalah tujuan pribadi dari tiap anggota organisasi atau perusahaan yang hendak dicapai melalui berbagai aktivitas yang dilakukan di dalam organisasi atau perusahaan. Biasanya, ketika tujuan pribadi dan tujuan organisasi tidak harmonis, maka karyawan kemungkinan akan menarik diri atau keluar dari perusahaan.

Tujuan Manajemen SDM Menurut Barry Cushway

Kemudian menurut Barry Cushway penulis buku Human Resource Management, tujuan Manajemen SDM adalah sebagai berikut:

  1. Membuat kebijakan dan pertimbangan. Departemen SDM akan membuat kebijakan dan pertimbangan untuk meningkatkan motivasi kerja yang tinggi.
  2. Membantu perusahaan mencapai tujuan.
  3. Memberi dukungan kepada perusahaan. Salah satu bentuk nyata dukungan tersebut adalah proses perekrutan SDM yang berkualitas serta menciptakan lingkungan kerja yang positif.
  4. Manajemen SDM juga dilakukan untuk menyelesaikan masalah. Hal ini dilakukan karena masalah yang tidak segera diatasi akan membawa perusahaan pada situasi krisi. 
  5. Manajemen SDM juga menjadi media komunikasi yang terbaik. MSDM berguna untuk menjembatani hubungan antara karyawan dan perusahaan.

Baca Juga: Penjelasan Mengenai Apa Itu Employee Life Cycle, HRD Harus Tahu!

Tips Menjalankan Manajemen SDM dengan Baik

Jika Anda adalah bagian dari tim HRD, Anda memiliki tanggung jawab untuk melakukan proses Manajemen SDM. Berikut beberapa tips yang bisa kami sediakan agar proses manajemen tersebut berjalan dengan baik.

1. Berikan rasa aman pada karyawan

Memiliki pekerjaan yang stabil di sebuah perusahaan yang memperhatikan kesejahteraan karyawan dan keluarganya merupakan impian banyak orang. Hal tersebut juga dapat membuat karyawan merasa aman untuk terus bekerja di perusahaan tersebut. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengelola karyawan dengan baik sekaligus mempertahankannya maka Anda perlu memberikan rasa aman tersebut pada seluruh karyawan.

2. Rekrut karyawan yang tepat

Agar perusahaan bisa mencapai tujuan bisnisnya, tentu perusahaan membutuhkan dukungan dari orang-orang yang berkualitas. Jadi, sebagai tim HRD Anda harus bisa menemukan orang-orang berkualitas dengan keterampilan dan karakter yang sesuai untuk perusahaan. 

3. Berikan kompensasi dan tunjangan secara adil

Saat mengelola SDM di perusahaan, pemberian kompensasi dan tunjangan yang adil juga memiliki peran penting dalam mempertahankan karyawan. Cara ini juga dapat mendorong motivasi kerja yang lebih baik pada karyawan.

4.  Berikan pelatihan keterampilan yang relevan

Setelah Anda berhasil merekrut karyawan yang berkualitas , Anda masih perlu mengelolanya untuk memastikan bahwa mereka tetap menjadi yang terdepan. Untuk melakukan hal tersebut, Anda bisa memberikan pelatihan keterampilan yang relevan dengan job desc yang mereka kerjakan. Hal ini juga akan menunjang produktivitas karyawan yang lebih baik lagi.

5. Manfaatkan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SISDM)

Mengelola karyawan memang bukanlah tugas yang mudah. Oleh sebab itu, untuk memudahkan tugas tim HRD, perusahaan dapat memanfaatkan sebuah aplikasi Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SISDM). Di Indonesia sendiri, salah satu SISDM yang bisa diandalkan adalah Dokodemo-Kerja. Sistem ini secara otomatis dalam memantau produktivitas karaywan seperti mencatat jam kehadiran karyawan, melihat total jam kerja harian, mengelola cuti karyawan, dan masih banyak lagi. Dengan bantuan sistem ini, tim HRD bisa lebih fokus pada tugas-tugas krusial lainnya.

Apabila Anda tertarik untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang Dokodemo-Kerja, silakan hubungi kami. Anda juga bisa klik fitur SIDM Dokodemo-Kerja untuk mempelajari beragam fungsionalitas yang dimiliki oleh aplikasi ini. 

Related Articles

Related Articles