6 Contoh Ice Breaking Game Seru: Indoor & Online untuk Karyawan

Dalam artikel ini, kami akan memberikan contoh-contoh ice breaking game untuk karyawan perusahaan, baik yang dapat dilakukan di lingkungan indoor maupun dalam bentuk online. Dengan mengadakan ice breaking game yang tepat, perusahaan dapat meningkatkan engagement dengan karyawan dan membangun hubungan yang kuat.

Ice breaking game merupakan sebuah aktivitas yang dirancang untuk memecahkan kebekuan dan menciptakan suasana yang lebih “fun” di antara para karyawan perusahaan. Dalam lingkungan kerja, ice breaking game bisa menjadi alat yang cukup efektif untuk memperkuat hubungan tim, membangun kepercayaan, dan meningkatkan komunikasi di antara anggota tim.

Satu Aplikasi, beragam Fungsi!

Dokodemo-Kerja, Aplikasi Absensi Online terbaik dengan fitur lengkap untuk meningkatkan Produktivitas karyawan. Pengelolaan Absensi dan Cuti, Task Management, hingga Evaluasi kinerja karyawan hanya dengan satu aplikasi.

Kelola Karyawan Makin Mudah dengan Aplikasi HRD Dokodemo-Kerja. Coba Sekarang!

Apa Itu Ice Breaking Game?

Ice breaking game adalah permainan atau aktivitas yang dirancang untuk memecah kebekuan atau kecanggungan dalam suatu kelompok, pertemuan,  acara, atau interaksi sosial. Tujuan utama dari permainan ini adalah untuk menciptakan suasana yang santai, mempererat hubungan antar peserta, dan meningkatkan interaksi sosial. Ice breaking game dapat dilakukan dalam berbagai bentuk tergantung pada lingkungan dan kebutuhan peserta, seperti fisik di dalam ruangan (indoor) maupun melalui platform online.

Contoh Ice Breaking Game Indoor

1. Siapa dia?

Permainan siapa dia dilakukan agar karyawan bisa saling mengenal rekan kerja yang lain. Biasanya, permainan ini dipilih ketika masa perkenalan atau training saat pertama onboarding.

Cara bermain:

  • Pertama, ajak seorang karyawan untuk memperkenalkan dirinya dan menyebutkan divisinya. Sebagai contoh, “Saya Diki, divisi digital marketing
  • Selanjutnya, tunjuk karyawan lain untuk menyebutkan nama dan divisi dari karyawan sebelumnya diikuti dengan perkenalan dirinya sendiri. Sebagai contoh, “Teman saya Diki, divisinya digital marketing. Saya Joni, divisi produksi”.

2. Sambung cerita

Sambung cerita adalah permainan di mana karyawan harus menyambung suatu cerita. Permainan ini dilakukan agar karyawan bisa saling berinteraksi. Selain itu, permainan sambung kata juga dapat melatih konsentrasi, imajinasi dan kreativitas karyawan.

Cara bermain:

  • tunjuk satu karyawan untuk bercerita tentang apa pun
  • selanjutnya, instruktur dapat menghentikan cerita tersebut di satu kata
  • lalu tunjuk orang selanjutnya untuk melanjutkan cerita hingga orang terakhir.

3. Tebak gambar

Permainan ice breaking selanjutnya adalah tebak gambar. Permainan ini dapat meningkatkan kreativitas serta kerja sama tim.

Cara bermain:

  • Seorang instruktur memberikan suatu kalimat yang menunjukkan suatu situasi (bisa juga judul film, judul lagu, atau yang lain) kepada seorang karyawan.
  • Selanjutnya, karyawan tersebut harus menggambarkan situasi tersebut dalam suatu gambar.
  • Karyawan lain kemudian diminta untuk menebak gambar tersebut.

4. Tantangan menciptakan inovasi

Tantangan menciptakan inovasi adalah ice breaking game di mana karyawan diberikan kesempatan untuk menciptakan atau mengembangkan inovasi baru. Dalam tantangan ini, peserta diharapkan menggunakan kreativitas dan keterampilan pemecahan masalah untuk bisa menghasilkan ide-ide baru.

Cara bermain:

  • Peserta diberikan bahan-bahan yang umumnya ada di kantor seperti kertas, pensil, pita perekat.
  • Selanjutnya, berikan waktu terbatas pada karyawan untuk menciptakan “inovasi” yang berguna. 
  • Dalam mengembangkan inovasi ini, karyawan harus berkolaborasi dalam mengembangkan ide dan mempresentasikan penemuan mereka.

Baca Juga: Mengenal Fitur SISDM, Sistem Cerdas untuk Merampingkan Proses Manajemen SDM

Contoh Ice Breaking Game Online

1. Tebak gambar

Jika Anda bekerja secara remote dari lokasi yang berbeda dengan karyawan yang lain, maka bermain ice breaking juga bisa dilakukan secara virtual atau secara online. Salah satu contoh permainan pertama yang bisa Anda lakukan adalah tebak gambar.

Cara bermain:

  • Kunjungi www.drawasaurus.org .
  • Masukkan nama panggilan 
  • Klik + Create a Room .
  • Atur agar room menjadi Private, pilih nama ruangan, atur kata sandi sederhana, dan pilih jumlah maksimal pemain.
  • Bagikan link dari bilah URL ke karyawan yang lain.
  • Selanjutnya, para pemain harus dalam kondisi “Ready to Play”.
  • Setiap karyawan kemudian secara satu persatu memilih satu kata untuk digambar, dan karyawan yang lain akan menebak kata tersebut.
  • Karyawan yang berhasil menebak dengan benar dan paling cepat akan mendapatkan poin terbanyak. 

2. Tebak foto masa kecil

Melihat foto-foto masa kecil yang lucu dan menggemaskan dapat menciptakan atmosfer yang menyenangkan dan penuh tawa. Ini dapat membantu mengurangi kecanggungan, meningkatkan suasana yang santai, dan mempererat hubungan antar peserta.

Cara bermain:

  • Beri tahu karyawan Anda sebelumnya bahwa Anda akan melakukan aktivitas ini dan minta mereka untuk mengumpulkan foto masa kecilnya
  • Selanjutnya, melalui platform meeting online, Anda bisa share screen dan tampilan foto-foto masa kecil karyawan
  • Minta karyawan lain untuk menebak foto masa kecil siapa yang sedang Anda tampilkan di layar

Demikian beberapa contoh ice breaking game indoor ataupun online. Dengan melakukan aktivitas ini, Anda dapat membantu karyawan untuk mengurangi tingkat stres yang tinggi serta menciptakan lingkungan kerja yang lebih menyenangkan.

Apa Fungsi Ice Breaking Game bagi Karyawan Perusahaan?

1. Mempererat hubungan antar karyawan

Ice breaking game membantu memperkuat hubungan antar karyawan. Dengan melibatkan mereka dalam aktivitas yang menyenangkan dan kolaboratif, permainan ini bisa mendorong tim untuk saling bekerja sama, saling mendukung, dan memahami antara satu sama lain dengan lebih baik.

Solusi jitu kelola karyawan dari jarak jauh!

Sistem HRIS canggih untuk memonitor kinerja dan produktivitas karyawan Anda. WFO atau WFH? Kelola keduanya! Tetap Produktif dengan Dokodemo-Kerja.

Aplikasi HRIS terjangkau untuk tingkatkan produktivitas. Cek di sini!

2. Meningkatkan komunikasi antar karyawan

Ice breaking game juga dapat mendorong agar karyawan mau saling berkomunikasi antara yang satu dengan yang lain. Dalam suasana yang lebih santai dan “fun”, karyawan merasa akan lebih nyaman untuk berbicara dan berbagi pendapat.

3. Meningkatkan kerjasama

Terdapat permainan ice breaking game di mana karyawan harus bekerja sama untuk mencapai tujuan. Hal ini akan membantu mengembangkan keterampilan kolaboratif dan memperkuat kerjasama tim.

4. Meningkatkan motivasi

Ice breaking game dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan karyawan. Dengan suasana yang menyenangkan, karyawan dapat merasa lebih termotivasi untuk berpartisipasi aktif. Dengan demikian, perusahaan dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan semangat kerja karyawannya.

5. Membantu menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan

Ice breaking game seringkali melibatkan aktivitas berupa permainan ringan, tantangan kreatif, atau lelucon yang mengundang tawa. Aktivitas-aktivitas ini dapat mengurangi kekakuan dan tekanan di lingkungan kerja, sehingga tingkat stres yang tinggi dapat berkurang.  

Baca Juga: Apa Itu HRIS: Pengertian dan Alasan Mengapa Banyak Perusahaan Mengandalkannya

Dokodemo-Kerja, Aplikasi HRD untuk Mengelola Karyawan Anda

Dokodemo-Kerja adalah aplikasi HRIS yang bisa Anda andalkan untuk mengelola seluruh karyawan perusahaan. Aplikasi ini tidak hanya dapat memantau kinerja karyawan yang bekerja di kantor, namun juga karyawan yang bekerja di lapangan atau secara remote.

Berikut adalah beberapa fitur yang tersedia di Dokodemo-Kerja:

1. Absensi digital

Sebuah fitur yang dirancang untuk mencatat kehadiran karyawan secara online. Fitur ini sangat berguna bagi karyawan yang bekerja dari jarak jauh, karena mereka dapat mencatat kehadiran tanpa harus hadir i kantor.

2. Pelacak jam kerja

Fitur yang digunakan untuk menghitung jumlah jam kerja karyawan baik secara harian, mingguan, atau bahkan bulanan. Dengan fitur ini, perusahaan dapat dengan mudah mengelola dan mengawasi jam kerja karyawan.

3. Screen monitoring

Sebuah fitur yang memungkinkan perusahaan untuk memantau layar desktop karyawan dari jarak jauh. Fitur ini berguna untuk memonitor kinerja karyawan, memastikan bahwa mereka menjalankan tugas dengan efisien, dan memberikan bantuan atau arahan jika diperlukan.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi ini, silakan menghubungi tim Dokodemo-Kerja. Kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Related Articles

Related Articles