5 Tips Manajemen SDM yang Baik untuk Para HRD di Perusahaan

Manajemen SDM adalah suatu proses yang dilakukan oleh tim HRD untuk mengelola sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan. Jika Anda merupakan bagian dari tim HRD, berikut kami sajikan beberapa tips manajemen SDM yang penting untuk Anda lakukan. 

Manajemen SDM atau Manajemen Sumber Daya Manusia menjadi salah satu tugas penting tim HRD. Hal ini diperlukan agar sumber daya manusia yang ada di dalam perusahaan yaitu karyawan dapat dikelola dan dikembangkan dengan baik sehingga membawa keuntungan bagi perusahaan

Satu Aplikasi, beragam Fungsi!

Dokodemo-Kerja, Aplikasi Absensi Online terbaik dengan fitur lengkap untuk meningkatkan Produktivitas karyawan. Pengelolaan Absensi dan Cuti, Task Management, hingga Evaluasi kinerja karyawan hanya dengan satu aplikasi.

Kelola Karyawan Makin Mudah dengan Aplikasi HRD Dokodemo-Kerja. Coba Sekarang!

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa manajemen SDM yang baik juga akan membawa dampak positif pada retensi karyawan dan employee engagement. Dengan demikian, perusahaan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk proses rekrutmen dan seleksi karyawan yang panjang.

Melihat banyaknya dampak positif yang dapat diperoleh dari manajemen SDM yang baik, pada artikel berikut ini kami akan menyediakan beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat mengelola karyawan di perusahaan Anda. Namun sebelum itu, mari kita pelajari terlebih dahulu apa yang sebenarnya dimaksud dengan manajemen SDM.

Apa Itu Manajemen SDM?

Manajemen SDM atau Manajemen Sumber Daya Manusia adalah istilah yang menggambarkan sistem formal untuk mengelola orang-orang atau tenaga kerja yang ada di dalam perusahaan. Dalam bahasa Inggris, manajemen SDM ini dikenal dengan istilah Human Resource Management (HRM).

Perlu Anda pahami bahwa tujuan utama dari manajemen SDM sebenarnya dipengaruhi oleh tujuan bisnis yang ingin dicapai oleh perusahaan. Meskipun demikian, secara garis besar tujuan manajemen SDM adalah untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki tenaga kerja yang kompeten dan mampu memenuhi kebutuhan perusahaan. Di sisi lain, saat proses manajemen SDM tersebut dilakukan tim HRD juga perlu memastikan bahwa kebutuhan dan kepuasan karyawan bisa tetap dicapai. Oleh karena itu, tim HRD akan merancang berbagai strategi yang matang agar terwujud keseimbangan antara kebutuhan karyawan dan kebutuhan perusahaan.

Area yang Dikelola Saat Manajemen SDM

Saat melakukan manajemen SDM, tim HRD perusahaan biasanya akan mengelola beberapa area utama yaitu:

1. Proses rekrutmen dan seleksi karyawan

Tim HRD akan menjalankan proses rekrutmen dan seleksi karyawan yang efektif untuk mengisi kekosongan posisi dengan cepat. Tim HRD juga akan memastikan bahwa kandidat yang mereka rekrut memiliki keterampilan yang dibutuhkan perusahaan.

2. Manajemen kinerja

Area selanjutnya yang akan diperhatikan oleh tim HRD adalah kinerja karyawan. Tim HRD akan melakukan monitor pekerjaan untuk memastikan bahwa seluruh karyawan memiliki performa atau kinerja yang baik saat menyelesaikan tugas-tugasnya.

3. Pelatihan dan pengembangan

Tim HRD perlu merancang pelatihan dan pengembangan agar karyawan bisa terus mengasah keterampilan yang mereka miliki. Dengan cara ini, tim HRD bisa menjaga agar seluruh karyawannya tetap kompeten.

4. Perencanaan suksesi

Perencanaan suksesi adalah strategi yang dirancang untuk mempersiapkan masa depan perusahaan ketika sumber daya manusia yang berada di posisi penting memutuskan untuk meninggalkan perusahaan. Hal ini perlu dilakukan agar perusahaan bisa segera mengisi kekosongan dan menghindari masalah akibat perusahaan ditinggal oleh orang yang memiliki pengaruh besar.

5. Pemberian benefit dan tunjangan

Untuk menghargai kinerja karyawan, tim HRD juga akan memperhatikan pemberian benefit dan tunjangan bisa dilakukan secara adil. Selain dapat memotivasi karyawan untuk bisa meningkatkan kinerjanya, hal ini juga dapat membawa dampak positif pada loyalitas karyawan.

6. Human Resources Information System

Human Resources Information System atau HRIS adalah sebuah sistem yang berguna untuk memudahkan tim HRD dalam mengelola data karyawan. Sistem ini dapat menyimpan data secara terpusat sehingga tim HRD dapat mengelola data seluruh karyawan meskipun mereka bekerja di cabang perusahaan yang berbeda.  Sistem HRIS juga memiliki fitur Employee Self Service di mana karyawan dapat melakukan tugas-tugas HRD dasar secara mandiri seperti mengajukan cuti, melihat total jam kerja harian, mengubah data pribadi milik karyawan, dan lain-lain. 

Baca Juga: Apa Itu HRIS: Pengertian dan Alasan Mengapa Banyak Perusahaan Mengandalkannya

cara meningkatkan produktivitas
Sumber: www.freepik.com/yanalya

Tips Manajemen SDM yang Efektif di Perusahaan

Agar seluruh strategi Manajemen SDM dapat berjalan secara efektif, terdapat beberapa tips yang bisa Anda praktikkan. Berikut beberapa diantaranya.

1. Pahami karyawan Anda

Sebagai tim HRD, Anda memang akan dituntut untuk akrab dengan kehidupan profesional dan kehidupan pribadi karyawan. Tujuannya adalah agar Anda bisa memahami kelebihan dan kekurangan karyawan. Dengan demikian, Anda bisa memberikan solusi agar mereka bisa menjadi lebih baik dan mampu meningkatkan kinerjanya.

Agar bisa lebih dekat dengan karyawan, Anda bisa sesekali mengunjungi meja kerja karyawan. Hal ini dapat membuat mereka merasa lebih nyaman dengan kehadiran Anda sehingga mau untuk lebih terbuka untuk mengajukan pertanyaan. Bahkan, dengan cara ini Anda bisa memperoleh ide-ide segar yang dapat meningkatkan produktivitas karyawan. 

2. Berkomunikasi secara teratur dengan karyawan

Sebagai profesional HR, sangat penting untuk selalu berkomunikasi dengan karyawan di perusahaan Anda. Hal ini perlu dilakukan agar seluruh karyawan dapat memahami kebijakan perusahaan dengan baik. Selain itu, komunikasi yang rutin juga dapat membantu untuk mengetahui masalah yang dialami oleh karyawan ketika bekerja. Dengan demikian, Anda bisa memberikan saran dan solusi terbaik agar karyawan bisa tetap produktif dan tetap termotivasi untuk bekerja.

Solusi jitu kelola karyawan dari jarak jauh!

Sistem HRIS canggih untuk memonitor kinerja dan produktivitas karyawan Anda. WFO atau WFH? Kelola keduanya! Tetap Produktif dengan Dokodemo-Kerja.

Aplikasi HRIS terjangkau untuk tingkatkan produktivitas. Cek di sini!

Selain itu, perlu Anda perhatikan bahwa ketika berkomunikasi dengan karyawan, Anda harus menciptakan suasana yang reseptif. Hindari lingkungan yang tegang dengan segala cara karena ketika Anda berkomunikasi dengan cara yang terlalu keras, maka pesan yang Anda coba bagikan mungkin tidak dapat dipahami dengan baik. 

3. Tetap terorganisir 

Untuk menciptakan manajemen SDM yang sukses, Anda juga perlu untuk bisa tetap terorganisir. Seperti yang kita tahu, tim HRD memiliki banyak tugas mulai dari membuat jadwal interview, melakukan pelatihan karyawan, mengelola gaji, dan masih banyak lagi. Jika Anda tidak bisa melakukan manajemen waktu dan tetap terorganisir, maka kemungkinan besar Anda akan kewalahan untuk mengelola karyawan perusahaan Anda. Terlebih jika perusahaan Anda memiliki karyawan dalam jumlah yang besar.

4. Manfaatkan teknologi

Perlu Anda tahu, saat ini teknologi sudah semakin canggih. Saat ini juga sudah terdapat berbagai jenis aplikasi HRD yang dapat memudahkan tugas-tugas Anda dalam manajemen SDM perusahaan. Salah satunya adalah aplikasi HRIS. 

Pada dasarnya HRIS atau Human Resources Information System adalah sebuah sistem yang digunakan oleh tim HRD yang menyediakan fitur untuk manajemen SDM di dalam perusahaan seperti absensi online, manajemen cuti, monitoring pekerjaan, dan masih banyak lagi.

Dengan memanfaatkan teknologi ini, Anda ataupun perusahaan bisa memperoleh berbagai keuntungan. Berikut beberapa diantaranya:

  • Pengelolaan data seluruh karyawan dapat dilakukan secara lebih terorganisir. Sistem dapat menyimpan seluruh data karyawan dari berbagai cabang perusahaan pada satu pusat data.
  • HRIS menempatkan informasi penting di ujung jari.  Anda tidak perlu membawa tumpukan kertas yang berat untuk mencari informasi penting terkait karyawan.
  • HRIS dapat menghemat banyak waktu Anda karena sistem dapat bekerja secara otomatis untuk mencatat jam kehadiran karyawan, memperbarui sisa cuti, menghitung total jam kerja, dan masih banyak lagi.
  • Teknologi ini dapat menghemat biaya operasional perusahaan karena Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk kertas, tinta, lemari arsip, perangkat mesin absensi fisik, dan lain-lain. 

5. Berikan contoh yang baik 

Tim HRD seringkali dianggap sebagai representasi dari peraturan di perusahaan. Oleh sebab itu, daripada Anda harus berteriak-teriak memerintahkan karyawan untuk mengikuti peraturan, ada baiknya jika Anda memulainya dengan selalu memberikan contoh yang baik. Dengan demikian, seluruh Sumber Daya Manusia yang ada di perusahaan dapat mencontohnya. Jadi, jika Anda mengharapkan karyawan bisa tepat waktu di tempat kerja, maka Anda sendiri harus sudah berada di tempat kerja pada saat mereka tiba atau bahkan sebelum mereka. 

Meskipun demikian, penting untuk diingat bahwa Anda perlu mengetahui kapan harus bertindak tegas. Hal ini diperlukan agar peraturan atau kebijakan perusahaan tetap bisa dijalankan dengan baik.

Baca Juga: 5 Contoh Program Kesehatan Karyawan di Perusahaan

Permudah Manajemen SDM Perusahaan Anda dengan Aplikasi HRIS Dokodemo-Kerja

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, HRD memiliki berbagai tugas yang perlu dikerjakan dalam waktu bersamaan. Oleh sebab itu, untuk memudahkan tim HRD dalam melakukan manajemen SDM di perusahaan, kehadiran teknologi akan sangat dibutuhkan. 

Salah satu teknologi tersebut adalah aplikasi HRIS Dokodemo-Kerja. Aplikasi ini menyediakan beragam fitur  yang dapat memudahkan tim HRD di perusahaan Anda. Beberapa diantaranya seperti:

  • Absensi online yang bisa diakses melalui perangkat desktop maupun mobile. 
  • Penghitung jam kerja karyawan (time tracker) untuk memastikan bahwa seluruh karyawan memenuhi jam kerja hariannya, baik itu 8 jam per-hari atau 7 jam per-hari
  • Screen monitoring yaitu fitur untuk memantau aktivitas yang dilakukan karyawan dengan cara membuat screen capture pada layar PC karyawan.
  • Pelacak GPS yang bisa digunakan untuk memantau tim sales atau tim yang bekerja secara mobile.
  • Manajemen cuti untuk mengelola cuti atau izin kerja karyawan.
  • dan lain-lain

Selain menyediakan berbagai fitur di atas, kami juga menerima pengembangan fitur custom. Jika Anda tertarik dengan aplikasi HRIS ini, silakan hubungi kami untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut. Kami juga menyediakan Dokodemo-Kerja versi demo yang bisa Anda gunakan secara GRATIS. Klik di sini untuk mencoba versi demo. 

Related Articles

Related Articles