5 Aplikasi Time Tracker Terbaik untuk Menghitung Jam Kerja Karyawan

Aplikasi time tracker adalah aplikasi yang berfungsi untuk menghitung total jam kerja karyawan. Aplikasi ini dapat membantu tugas tim HRD dalam memastikan apakah seluruh karyawan sudah menyelesaikan tanggung jawabnya untuk bekerja sesuai dengan total jam kerja yang ditentukan perusahaan.

Jika Anda sedang membaca artikel ini, maka kemungkinan besar Anda sedang mencari aplikasi time tracker terbaik untuk perusahaan Anda. Semenjak sistem kerja WFH atau kerja remote menjadi semakin populer, menghitung total jam kerja karyawan memang terasa lebih sulit. Untungnya berkat kemajuan teknologi, aplikasi time tracker hadir untuk memudahkan tugas tersebut.

Satu Aplikasi, beragam Fungsi!

Dokodemo-Kerja, Aplikasi Absensi Online terbaik dengan fitur lengkap untuk meningkatkan Produktivitas karyawan. Pengelolaan Absensi dan Cuti, Task Management, hingga Evaluasi kinerja karyawan hanya dengan satu aplikasi.

Kelola Karyawan Makin Mudah dengan Aplikasi HRD Dokodemo-Kerja. Coba Sekarang!

Seperti yang kita tahu, melacak jam kerja merupakan salah satu tugas penting yang harus dilakukan tim HRD atau bahkan bagi karyawan sendiri. Time tracker dapat menjadi kunci untuk memahami bagaimana karyawan menghabiskan waktunya. Ketika karyawan mengetahui tahu tugas mana yang paling banyak menyita waktu, mereka dapat menganalisis apakah ada kesalahan dalam manajemen waktu yang mereka lakukan.

Di sisi lain, time tracker juga membawa pengaruh besar bagi perusahaan. Dengan menghitung jam kerja karyawan, perusahaan dapat berlaku adil dalam pemberian gaji, melihat kedisiplinan karyawan, serta mengetahui project mana yang menghabiskan banyak jam kerja karyawan.

Hal tersebut tentu akan sulit dilakukan jika perusahaan masih menggunakan sistem manual menggunakan excel atau Google Spreadsheet. Oleh karena itulah, aplikasi time tracker untuk dipergunakan.

Jadi, apa itu aplikasi time tracker? Apa saja aplikasi terbaik yang bisa Anda gunakan? Silakan  simak penjelasan kami berikut ini.

Baca Juga: Apa Itu Employee Monitoring Software? Mengapa Penting bagi Perusahaan?

Apa yang Dimaksud dengan Aplikasi Time Tracker?

Aplikasi time tracker adalah aplikasi yang digunakan untuk menghitung jam kerja karyawan baik secara harian, mingguan, atau bulanan. Aplikasi ini akan membantu mengukur waktu kerja karyawan dan memberikan wawasan tentang berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk berbagai tugas ataupun proyek.

Pada umumnya aplikasi time tracker dikembangkan dengan beragam fitur tambahan. Contohnya seperti fitur untuk menghitung waktu istirahat, absensi online, screen monitoring, atau yang lain. Dengan demikian, aplikasi ini dapat membantu tim HRD dalam memonitor produktivitas dan menjaga kinerja karyawan saat jam kerja.

Untuk menggunakan aplikasi ini, karyawan harus menginstal sistem ke perangkatnya terlebih dahulu. Setelah masuk atau login ke dalam sistem, karyawan dapat melakukan absensi secara online dan time tracker akan mulai berjalan.

Perlu Anda tahu, selain digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang bekerja secara remote atau WFH, aplikasi time tracking ini juga populer di perusahaan yang menerapkan sistem kerja on site. Hal ini terjadi karena aplikasi time tracker jauh lebih higienis daripada aplikasi absensi manual seperti mesin absensi fingerprint.

Fitur Apa yang Harus dimiliki Aplikasi Time Tracker?

Saat memilih aplikasi time tracker untuk digunakan, Anda perlu memastikan bahwa aplikasi tersebut memiliki fitur-fitur sebagai berikut:

1. Penghitung waktu yang real time

Aplikasi harus bisa menghitung waktu secara real time. Artinya, aplikasi dapat menghitung waktu kerja karyawan secara nyata atau seketika. Jadi saat Anda bekerja maka sistem akan mencatat jam kerja tersebut dan dapat berhenti menghitung saat Anda berhenti bekerja.

2. Kemampuan untuk mengedit waktu yang dilacak atau secara manual

Tidak bisa dipungkiri, terkadang karyawan lupa mematikan time tracker-nya saat sedang beristirahat. Oleh karena itulah, aplikasi harus menyediakan fungsionalita untuk mengedit hitung waktu yang sudah tercatat secara manual.

3. Fitur untuk report

Fitur untuk report akan memudahkan tim HRD untuk melacak jam kerja dari seluruh karywan. Data-data tersebut harus tersimpan pada centralized storage atau satu pusat data sehingga tim HRD dapat memperoleh data dari karyawan yang bekerja dari cabang perusahaan yang berbeda sekalipun.

4. Kemampuan untuk mengekspor data

Aplikasi time tracker harus memiliki kemampuan untuk bisa mengekspor data ke bentuk PDF, Google Spreadsheet, atau CSV. Hal ini dibutuhkan agar data dapat dikirimkan ke pihak manajemen yang membutuhkan dan tidak memiliki akses admin di aplikasi time tracker.

5. Screen monitoring

Selain dapat menghitung jam kerja, aplikasi time tracker juga harus bisa memonitor aktivitas apa yang dilakukan oleh karyawan selama jam kerja. Oleh karena itu, aplikasi juga harus menyediakan fitur screen monitor yang mampu membuat screenshot pada perangkat desktop karyawan. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui apakah jam kerja yang tercatat benar-benar digunakan untuk bekerja atau melakukan aktivitas di luar pekerjaan seperti membuka media sosial atau yang lain.

Baca Juga: 3 Aplikasi Monitoring Pekerjaan untuk Memonitor Karyawan Remote

Sumber: www.pixabay.com/ielvtimemaster-15395975

5 Aplikasi Time Tracker Terbaik

1. Time Doctor

Time Doctor adalah aplikasi perpaduan antara pelacakan waktu, pemantauan karyawan, dan manajemen proyek. Aplikasi ini bisa menjadi alat pemantauan karyawan yang kuat, karena memberikan beragam informasi yang rinci tentang produktivitas karyawan Anda.

Sistem time tracker yang dimiliki Time Doctor juga akan memberikan informasi mengenai halaman web dan aplikasi yang digunakan setiap karyawan. Aplikasi juga memungkinkan tim HRD untuk melihat aktivitas karyawan dari hasil desktop screenshot yang dihasilkan.

Selain itu, Time Doctor juga terintegrasi dengan sistem payroll. Dengan demikian, proses pembayaran gaji karyawan bisa dilakukan dengan lebih mudah. Jika Anda tertarik untuk menggunakan Time Doctor, perlu Anda ketahui bahwa aplikasi ini dapat berjalan diberbagai operating system baik itu Mac, Windows, Linux, iOS, ataupun Android. 

2. Hubstaff

Aplikasi time tracker selanjutnya adalah Hubstaff. Aplikasi ini tidak hanya dapat melacak jam kerja karyawan namun juga dilengkapi dengan fitur GPS tracker. Dengan demikian, perusahaan dapat melacak lokasi kerja karyawan.

Selain berguna untuk melacak kinerja karyawan, Hubstaff juga dapat membantu dalam manajemen biaya proyek. Anda bisa menggunakannya untuk mengelola dan menetapkan batasan anggaran untuk setiap proyek dari aplikasi. Sistem dapat secara otomatis mengirimkan pemberitahuan ketika anggaran proyek sudah mendekati angka limit. Dengan informasi tersebut, Anda bisa segera melakukan penyesuaian yang dibutuhkan. 

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi ini, Hubstaff dapat berjalan di perangkat Windows, Mac, Android dan iOS. Anda juga dapat menginstal Hubstaff di komputer sebanyak yang Anda mau. 

3. Dokodemo-Kerja

Aplikasi time tracker terbaik selanjutnya adalah Dokodemo-Kerja. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan app dan web developer di Indonesia. Anda bisa menggunakannya di berbagai perangkat seperti Windows, Linux, Macintosh. Sedangkan untuk aplikasi selulernya, aplikasi ini dapat berjalan di perangkat Android dan iOS.

Selain dapat melacak jam kerja karyawan, Dokodemo-Kerja dikemabngkan dengan beragam fitur yang mampu menjaga produktivitas karyawan saat bekerja. Beberapa diantaranya seperti:

Solusi jitu kelola karyawan dari jarak jauh!

Sistem HRIS canggih untuk memonitor kinerja dan produktivitas karyawan Anda. WFO atau WFH? Kelola keduanya! Tetap Produktif dengan Dokodemo-Kerja.

Aplikasi HRIS terjangkau untuk tingkatkan produktivitas. Cek di sini!
  • Fitur absensi online

Karyawan dapat melakukan absensi secara online atau e absensi dari aplikasi ini. Dari data yang disajikan, tim HRD dapat mengetahui siapa saja karyawan yang datang terlambat.

  • Screen monitoring

Aplikasi Dokodemo-Kerja dapat membuat screenshot di layar desktop karyawan. Anda dapat memantau aktivitas karyawan melalui fitur ini.

  • ESS atau Employee Self Service

Fitur Employee Self Service dapat mempermudah tugas HRD karena memungkinkan karyawan untuk dapat melakukan tugas-tugas HRD secara mandiri seperti melihat sisa kuota cuti, melihat catatan time tracker, dan lain-lain.

  • Manajemen cuti

Dengan fitur ini, karyawan dapat mengajukan cuti dengan mudah tanpa harus menyiapkan dokumen kertas.

  • GPS tracker

Untuk melacak aktivitas karyawan yang bekerja secara mobile, Dokodemo-Kerja juga menyediakan fitur GPS tracker. 

Dokodemo-Kerja sangat mudah untuk digunakan. Anda cukup menginstal aplikasi di perangkat kemudian menekan tombol start dan sistem akan mulai menghitung jam kerja seluruh karyawan di perusahaan Anda.

4. DeskTime

DeskTime adalah aplikasi pelacakan waktu yang menggabungkan tiga fitur utama yaitu pemantauan karyawan, manajemen proyek, dan analisis produktivitas. Jika Anda tertarik untuk menggunakan aplikasi time tracker ini, DeskTime dapat berjalan di berbagai perangkat seperti Mac, Windows, Linux, iOS, dan juga Android.

Aplikasi ini dirancang untuk membantu manajer ataupun tim HRD dalam mengidentifikasi kebiasaan tidak produktif karyawan dengan menyortir halaman web dan aplikasi yang dikunjungi menjadi “Produktif” dan “Tidak Produktif”. Jadi saat karyawan menghabiskan banyak waktunya untuk mengunjungi halaman website atau aplikasi yang termasuk kategori produktif, maka karyawan akan dianggap memiliki produktivitas yang tinggi. 

Tentu saja, URL web produktif dan tidak produktif tergantung dari posisi karyawan masing-masing. Bagi tim digital marketing, membuka media sosial seperti Facebook akan tetap dianggap sebagai halaman web yang produktif.

Oleh karena itulah, sistem DeskTime memungkinkan Anda untuk mengatur halaman web tersebut secara individual untuk setiap grup. Dengan begitu, Anda dapat mengatur Facebook sebagai halaman web yang produktif untuk tim pemasaran, dan menjadi halaman yang tidak produktif untuk tim lain.

5. Toggl

Toggl menyediakan sistem berbasis timer yang cukup mudah untuk digunakan. Anda dapat mengetahui berapa banyak waktu yang dihabiskan untuk berbagai tugas setiap harinya. 

Selain itu, Toggl juga menyediakan fungionalitas yang memungkinkan penggunanya untuk dapat dengan mudah mengatur proyek, assign pekerjaan, serta membuat perkiraan jadwal dan anggaran untuk setiap proyek yang dikerjakan. Dengan demikian, Anda dapat mengetahui proyek mana yang terlambat untuk diselesaikan atau melebihi anggaran sehingga Anda dapat mengatur waktu dan menyesuaikannya kembali dengan sumber daya yang dimiliki. 

Jika perusahaan Anda mencari aplikasi time tracker dengan kemampuan manajemen proyek, Anda bisa menggunakan aplikasi ini. Toggl sendiri dapat berjalan di berbagai perangkat seperti di Mac, Windows, Linux, iOS, dan juga Android.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Aplikasi WFH untuk Menunjang Produktivitas Karyawan

Mana yang Harus di Pilih?

Memilih satu aplikasi yang berguna untuk manajemen kinerja karyawan memang bukanlah tugas yang mudah. Anda harus memastikan bahwa aplikasi tersebut memiliki fungsionalitas yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, harga aplikasi juga menjadi salah satu hal yang perlu Anda pertimbangkan.

Untuk fungsionalitas yang lengkap serta harga yang kompetitif, kami merekomendasikan Dokodemo-Kerja untuk Anda gunakan. Selain menyediakan beragam fitur yang berguna, tim Dokodemo-Kerja juga menerima request fitur custom. Dengan demikian, aplikasi dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Selain itu, Dokodemo-Kerja juga dikembangkan dengan fitur keamanan yang baik. Hal ini juga perlu menjadi perhatian saat Anda memilih aplikasi time tracker karena aplikasi tersebut akan mengelola beragam data sensitif terkait karyawan di perusahaan Anda.

Jika Anda tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Dokodemo-Kerja, silakan hubungi tim kami. Anda juga bisa mencoba versi demo secara GRATIS dengan klik link berikut Coba Dokodemo-Kerja.  

Related Articles

Related Articles