Screen Monitoring, Aplikasi untuk Memantau Produktivitas Karyawan

Aplikasi screen monitoring bisa menjadi solusi bagi para pemilik perusahaan yang ingin memantau produktivitas karyawannya. Aplikasi ini dapat membantu pemilik perusahaan untuk melihat aktivitas apa saja yang dilakukan karyawan di komputer mereka.

Tren hybrid working sepertinya akan terus berlangsung di tahun 2022. Saat ini sebagian besar karyawan sudah merasa nyaman dengan sistem kerja jarak jauh seperti WFH atau remote working. Hal tersebut membuat perusahaan perlu menerapkan pendekatan dengan menjalankan sistem kerja hybrid sebelum meminta seluruh karyawan untuk bekerja dari kantor.

Satu Aplikasi, beragam Fungsi!

Dokodemo-Kerja, Aplikasi Absensi Online terbaik dengan fitur lengkap untuk meningkatkan Produktivitas karyawan. Pengelolaan Absensi dan Cuti, Task Management, hingga Evaluasi kinerja karyawan hanya dengan satu aplikasi.

Kelola Karyawan Makin Mudah dengan Aplikasi HRD Dokodemo-Kerja. Coba Sekarang!

Bahkan saat ini tidak sedikit karyawan yang memutuskan untuk mencari tempat kerja yang memungkinkan untuk bisa bekerja dari rumah meskipun pandemi sudah berakhir. Jika perusahaan Anda memiliki rencana untuk tetap menerapkan sistem kerja remote working, WFH, atau hybrid working maka Anda perlu memikirkan strategi untuk bisa memonitor karyawan dari jarak jauh. Salah caranya adalah dengan mengandalkan aplikasi HRD yang dapat memonitor layar karyawan. Aplikasi tersebut dikenal dengan nama aplikasi screen monitoring.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, perusahaan ataupun tim manajemen tetap dapat mengetahui aktivitas yang dilakukan oleh para karyawannya meskipun mereka tidak bekerja di kantor. Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai aplikasi cerdas ini? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Aplikasi Screen Monitoring?

Aplikasi screen monitoring adalah sebuah aplikasi atau sistem yang dirancang untuk memonitor layar komputer karyawan. Aplikasi ini dapat membuat tangkapan layar (screenshot) desktop komputer karyawan secara otomatis dan real time. 

Saat karyawan bekerja secara on site atau dari kantor, proses monitoring dapat dilakukan dengan mudah. Tim HRD bisa melihat layar komputer karyawan secara langsung untuk memastikan bahwa seluruh karyawan tetap bekerja saat jam kerja. Namun saat karyawan bekerja dari jarak jauh seperti saat WFH maka proses monitoring ini menjadi sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, aplikasi screen monitoring ini digunakan. Jadi meskipun karyawan bekerja di luar kantor dan berada di lokasi yang berbeda dengan pihak manajemen ataupun tim HRD, aktivitas karyawan tetap dapat terpantau dengan baik.

Aplikasi screen monitoring ini dapat mengirim hasil tangkapan layar pada admin aplikasi (tim HRD). Dengan demikian, tim HRD atau pihak manajemen dapat mengetahui apa saja aktivitas yang dilakukan oleh seluruh karyawan di perangkat komputernya saat jam kerja.

Baca Juga: Apa Itu Disiplin Kerja? Apa Saja Faktor yang Mempengaruhinya?

Contoh Aplikasi Screen Monitoring

1. Time Doctor

Pada dasarnya, Time Doctor adalah aplikasi untuk memantau produktivitas karyawan yang memiliki fitur screen monitoring di dalamnya. Fitur tersebut dapat mengambil tangkapan layar dalam waktu tertentu serta menawarkan informasi mengenai tingkat aktivitas mouse dan keyboard karyawan. Untuk menjaga privasi, fitur ini juga hanya aktif ketika karyawan sedang bekerja.

Selain itu, Time Doctor juga mampu membantu memastikan bahwa seluruh karyawan aktif bekerja. Fitur tersebut dapat mendeteksi bahwa keyboard atau mouse karyawan tidak aktif selama 3 menit. Aplikasi monitoring ini kemudian akan mengasumsikan bahwa pada saat tersebut karyawan sedang tidak bekerja dan menghentikan penghitung jam kerja yang sedang berjalan. 

Time Doctor pada dasarnya adalah aplikasi yang dikembangkan dengan tujuan untuk membantu individu ataupun perusahaan agar bisa menjadi lebih produktif. Oleh karena itu, Time Doctor dikembangkan dengan berbagai fitur yang dapat digunakan untuk memantau produktivitas karyawan. Beberapa diantaranya seperti:

Time tracker

Selain dapat membuat tangkapan layar, Time Doctor juga dapat melihat berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap proyek. Informasi tersebut tentu berguna bagi perusahaan ketika menentukan biaya yang harus klien bayarkan. 

Distraction Alerts

Fitur unggulan lain yang ditawarkan Time Doctor adalah kemampuan untuk dapat mendeteksi penggunaan waktu kerja yang buruk. Saat karyawan menghabiskan banyak waktu untuk membuka website yang tidak ada kaitanya dengan pekerjaan seperti membuka media sosial Facebook atau Instagram, fitur tersebut akan mengirimkan pesan pop up pada layar komputer karyawan dan menanyakan apakah karyawan membuka media sosial tersebut pada saat bekerja. Pesan sederhana ini dinilai cukup efektif untuk mengingatkan karyawan agar kembali produktif bekerja. 

Payroll

Time Doctor selain dapat digunakan untuk memantau produktivitas juga dapat digunakan untuk membantu tim HRD dalam mengelola gaji karyawan. Time Doctor dapat terintegrasi dengan dengan program penggajian seperti Paypal, Payoneer, dan lain-lain. 

Baca Juga: Apa Itu Work From Home, Penjelasan dan Panduan untuk Menjalankannya

2. Dokodemo-Kerja

Contoh aplikasi screen monitoring selanjutnya adalah Dokodemo-Kerja. Aplikasi ini dikembangkan oleh PT Logique Digital Indonesia untuk memonitor produktivitas dari karyawan yang bekerja dengan sistem remote working. Meskipun demikian, Dokodemo-Kerja saat ini juga banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang menjalankan sistem kerja on-site.

Sama seperti Time Doctor, kemampuan screen monitoring yang dimiliki Dokodemo-Kerja juga dapat membuat tangkapan layar (screen capture) dalam waktu yang acak. Hasil tangkapan tersebut akan ditampilkan dalam resolusi yang rendah untuk menjaga privasi dari para pekerja. Jadi, karyawan atau para pemilik bisnis tidak perlu khawatir untuk berdiskusi atau membicarakan strategi bisnis di perangkat laptopnya karena Dokodemo-Kerja tidak akan bisa membaca isi pesan tersebut.

Screen monitoring Dokodemo-Kerja juga dapat mendeteksi karyawan yang sedang tidak aktif bekerja. Ketika Dokodemo-Kerja mendeteksi 3 hasil tangkapan layar yang sama, gambar akan ditampilkan dengan warna merah dan sistem akan mengirim pemberitahuan kepada pihak admin. Selanjutnya, pihak admin (tim HRD) dapat menghubungi karyawan agar mereka bisa bekerja kembali.

aplikasi screen monitoring

Selain dapat digunakan untuk memonitor layar karyawan, Dokodemo-Kerja juga dikembangkan dengan berbagai fitur untuk memantau produktivitas karyawan yaitu:

Attendance tracker

Dokodemo-Kerja menyediakan fitur absensi online yang dapat digunakan untuk melacak daftar kehadiran karyawan. Melalui fitur ini perusahaan dapat mengetahui siapa saja karyawan yang datang tepat waktu atau telat bekerja. Dengan demikian, kedisiplinan karyawan tetap dapat terpantau dengan baik.

Time tracker

Fitur time tracker dapat menghitung total jam kerja karyawan. Dengan fitur ini, perusahaan dapat memastikan bahwa seluruh karyawan akan bekerja sesuai dengan jam kerja yang sudah ditentukan.

Solusi jitu kelola karyawan dari jarak jauh!

Sistem HRIS canggih untuk memonitor kinerja dan produktivitas karyawan Anda. WFO atau WFH? Kelola keduanya! Tetap Produktif dengan Dokodemo-Kerja.

Aplikasi HRIS terjangkau untuk tingkatkan produktivitas. Cek di sini!

Task management

Task management merupakan fitur yang memudahkan perusahaan untuk delegasi tugas. Fitur ini juga dapat menghitung berapa total jam kerja yang digunakan oleh karyawan untuk menyelesaikan sebuah proyek atau tugas. Banyak perusahaan terbantu dengan fitur ini karena mereka dapat lebih mudah dalam menghitung total biaya yang perlu dibayarkan oleh klien berdasarkan total jam kerja yang dipergunakan karyawan untuk menyelesaikan proyek klien tersebut.

Day off management

Fitur ini disediakan untuk memudahkan karyawan dalam mengajukan cuti mulai dari cuti tahunan, cuti sakit, dan lain-lain

3. Kickidler

Contoh aplikasi screen monitoring selanjutnya bernama Kickidler. Aplikasi ini memiliki berbagai kemampuan dalam memonitor aktivitas karyawan yang bekerja dari jarak jauh seperti:

  • melihat aktivitas layar komputer karyawan dari jarak jauh secara real time
  • melihat aplikasi apa saja yang digunakan oleh karywan
  • mendeteksi website apa saja yang dikunjungi karyawan saat bekerja

Di websitenya, pihak Kickidler mengatakan bahwa aplikasi monitoring ini menjadi solusi yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan karena sebanyak 30% waktu yang dimiliki oleh karyawan dihabiskan untuk membuka media sosial, bermain game, atau menonton video. Jadi, dengan menggunakan Kickidler ini, karyawan bisa tetap produktif selama jam kerja. 

Screen monitoring yang dimiliki Kick Idler menggunakan fitur Quad Splitter yaitu fitur unik yang dapat menampilkan seluruh layar dekstop karyawan dalam bentuk kotak. Fitur ini mirip dengan splitter quad yang ada pada sistem CCTV. Dari fitur ini, tim admin dapat memonitor seluruh aktivitas para karyawannya. 

Sama seperti aplikasi screen monitoring yang lain, Kickidler juga menyediakan berbagai fitur untuk memantau produktivitas karyawannya seperti:

Time tracker

Fitur ini bekerja secara otomatis untuk melacak jam kerja karyawan.

Productivity analysis

Kickidler dapat mempelajari seberapa produktif karyawan Anda. Sistem yang dimilikinya dapat memantau aktivitas komputer dan secara otomatis mengkategorikan setiap aktivitas karyawan sebagai produktif, tidak produktif, netral, atau tidak dikategorikan.

Screen video recording

Semua aktivitas karyawan di komputernya dapat terekam dalam bentuk video. Video disimpan di server dan dapat digunakan untuk mengetahui seberapa efisien kinerja karyawan Anda.

Baca Juga: 3 Aplikasi Monitoring Pekerjaan untuk Memonitor Karyawan Remote

Dokodemo-Kerja, Aplikasi Screen Monitoring Terbaik di Indonesia

Di Indonesia sendiri, saat ini Dokodemo-Kerja menjadi aplikasi screen monitoring terbaik yang bisa Anda gunakan. Aplikasi ini sudah diandalkan oleh banyak perusahaan untuk memantau aktivitas karyawan yang bekerja dari jarak jauh sehingga produktivitas karyawan bisa tetap terjaga dengan baik.

Dalam mengambil hasil desktop screenshot atau tangkapan layar, Dokodemo-Kerja akan tetap menghargai privasi karyawan sehingga gambar yang dihasilkan menggunakan resolusi yang rendah. Dengan demikian, pesan teks yang mendiskusikan hal-hal rahasia tidak akan bisa terbaca.

Selain itu, desktop screenshot dari Dokodemo-Kerja juga dapat mendeteksi apakah karyawan masih aktif bekerja. Ketika Dokodemo-Kerja mendeteksi 3 hasil screenshot yang sama, sistem akan menunjukkan gambar berwarna merah dan mengirim notifikasi dengan pihak admin. Jika setelah dikonfirmasi dengan karyawan ternyata mereka sedang beristirahat, maka pihak admin bisa mengedit fitur time tracker agar penghitungan jam kerja bisa tetap akurat.

Jika Anda ingin memantau aktivitas karyawan Anda, silakan gunakan Dokodemo-Kerja. Aplikasi ini sangat mudah untuk digunakan. Silakan hubungi kami untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai aplikasi screen monitoring kami.

Related Articles

Related Articles