Apa Itu Coworking Space? Pengertian, Keuntungan, dan Kekurangannya

Apa itu coworking space? Coworking space adalah salah satu jenis tempat kerja di mana penggunanya akan berbagi ruang kerja dengan karyawan dari perusahaan lain. Saat ini, jenis tempat kerja ini sudah semakin populer dan sudah semakin banyak perusahaan yang memanfaatkannya.

Pada awalnya, coworking space banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan startup. Mereka memilih untuk menggunakan ruang kerja ini sebagai solusi untuk mendapatkan tempat kerja dengan harga yang terjangkau. Dengan adanya coworking space, perusahaan tidak perlu menyewa gedung perkantoran untuk karyawan bekerja.

Satu Aplikasi, beragam Fungsi!

Dokodemo-Kerja, Aplikasi Absensi Online terbaik dengan fitur lengkap untuk meningkatkan Produktivitas karyawan. Pengelolaan Absensi dan Cuti, Task Management, hingga Evaluasi kinerja karyawan hanya dengan satu aplikasi.

Kelola Karyawan Makin Mudah dengan Aplikasi HRD Dokodemo-Kerja. Coba Sekarang!

Namun seiring dengan perkembangan zaman, coworking space menjadi semakin umum dan populer digunakan. Hal ini terjadi karena di era modern seperti saat ini, bekerja tidak hanya dapat dilakukan di kantor namun juga dapat dilakukan dimanapun karyawan berada. Kehadiran teknologi yang sudah semakin maju memungkinkan perusahaan untuk menjalankan sistem kerja remote (remote working). Hal inilah yang membuat banyak perusahaan memilih menggunakan coworking space sebagai alternatif tempat bekerja yang bisa digunakan karyawan.

Agar Anda dapat lebih memahami apa itu coworking space berikut kami sajikan penjelasan selengkapnya untuk Anda.

Apa Itu Coworking Space?

Coworking space adalah sebuah tempat kerja di mana penggunanya akan berbagi ruang kerja dengan karyawan dari perusahaan lain. Jadi, pada dasarnya, coworking space adalah tempat kerja atau ruang kerja bersama. Di sini, Anda tidak hanya akan bertemu dengan rekan-rekan kerja dari perusahaan Anda namun juga bertemu dengan karyawan atau freelance yang bekerja untuk perusahaan lain. Bahkan, Anda juga dapat bertemu dengan mahasiswa yang sedang mengerjakan tugasnya di sini.

Sebuah artikel di coworker.com menjelaskan bahwa coworking space tidak hanya sekedar berbagi infrastruktur dan biaya namun juga tentang menjadi bagian dari komunitas, aksesibilitas, dan sustainability. Ruang atau tempat kerja bersama ini dibangun untuk dapat menyediakan lingkungan yang produktif dan kolaboratif bagi para penggunanya. 

Coworking space bisa menjadi solusi bagi perusahaan yang menerapkan sistem remote working atau hybrid working mengingat perusahaan tidak perlu menyewa satu gedung fisik yang luas karena sebagian besar karyawannya bekerja dari rumah atau lokasinya masing-masing.

Fasilitas yang diberikan pun cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan para pekerja seperti koneksi WiFi, meja dan kursi kerja, ruang meeting, serta cafetaria. Beberapa contoh coworking space paling populer di dunia seperti WeWork (New York City, USA), The Work Project (Hong Kong,China) dan Hubud (Bali, Indonesia). 

Baca Juga: Apa Itu HRIS: Pengertian dan Alasan Mengapa Banyak Perusahaan Mengandalkannya

Apakah Coworking Space Berbeda dengan Virtual Office?

Meskipun secara sekilas terlihat hampir sama namun perlu Anda ketahui bahwa coworking space berbeda dengan virtual office. Virtual office adalah sebuah layanan yang memungkinkan karyawan untuk dapat bekerja dari lokasi mana pun selama ada koneksi internet dan tidak harus datang ke gedung fisik.

Pada umumnya, layanan virtual office ini akan memberikan fasilitas berupa alamat perusahaan sehingga perusahaan penyewa dapat terlihat profesional meskipun karyawannya bekerja secara remote atau bekerja dari rumah masing. Selain itu, beberapa penyedia layanan virtual office juga dapat menyediakan ruang meeting atau coworking space jika karyawan perusahaan penyewa membutuhkan ruangan untuk melakukan pertemuan langsung secara face to face.

Berbeda dengan coworking space di mana ruang fisik menjadi layanan utamanya. Karyawan juga dapat datang kapan saja ke coworking space tanpa dibatasi oleh jadwal kerja.

Kelebihan Coworking Space

1. Lebih terjangkau daripada sewa gedung perkantoran

Bagi perusahaan yang sedang memulai bisnisnya menyewa gedung perkantoran merupakan salah satu pengeluaran yang cukup besar. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang memilih menggunakan coworking space sebagai solusi sewa tempat kerja yang lebih hemat biaya. Di coworking space Anda akan mendapatkan ruangan yang Anda butuhkan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya untuk menyewa ruangan atau fasilitas lain yang yang secara teknis tidak perlukan perusahaan.

2. Mendapatkan berbagai fasilitas

Keuntungan lain dari menyewa coworking space adalah tersedianya berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh karyawan untuk bekerja seperti koneksi internet yang kuat, peralatan kantor, serta area pertemuan. Selain itu, biasanya masing-masing coworking space memiliki fasilitas yang unik untuk membuat penggunanya tetap merasa nyaman. Beberapa contoh fasilitas tersebut seperti, kopi, makanan ringan, game, lounge, dan masih banyak lagi.

3. Memperoleh networking yang luas

Bekerja dari rumah mungkin nyaman, namun tidak jarang karyawan dapat merasa kesepian. Saat karyawan bekerja dari coworking space mereka dapat bersosialisasi dengan karyawan lain sehingga bisa saling berbagi ide atau hanya sekedar berbincang untuk menghilangkan rasa bosan. Bahkan tidak jarang saat bekerja di ruang bersama, karyawan bisa memperoleh klien baru untuk perusahaan mereka.

4. Memperoleh fleksibilitas

Ketika seseorang menyebut “coworking space” maka salah satu hal yang akan dipikirkan oleh banyak orang adalah fleksibilitas. Saat Anda menyewa tempat kerja bersama ini perusahaan memang akan memperoleh fleksibilitas karena Anda tidak harus menyewa dalam jangka waktu satu tahun. Selain itu, coworking space juga menawarkan fasilitas secara fleksibel. Jadi, Anda bisa memilih paket yang paling sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah dalam menekan biaya operasional kantor.

Fleksibilitas ini tidak hanya dirasakan oleh perusahaan namun juga bagi karyawan. Karyawan yang bekerja secara remote, WFH, atau hybrid terkadang merindukan lingkungan kerja seperti saat bekerja di kantor. Dengan menyewa ruang kerja bersama ini, mereka bisa datang ke coworking space untuk dapat bertemu dengan rekan kerja yang lain.  

5. Pengaturan ruang kerja lebih mudah

Saat pindah ke kantor baru, perusahaan tentu ingin agar karyawan bisa segera bekerja dengan produktif. Dengan menyewa coworking space maka Anda dan karyawan tidak perlu mengatur ruang kerja kembali. Selain itu, perusahaan juga tidak perlu mengatur tagihan listrik, internet, atau soal kebersihan dan keamanan karena hal tersebut sudah menjadi bagian dari fasilitas coworking space.

Kekurangan Coworking Space

1. Banyak gangguan

Saat perusahaan memiliki ruang atau kantor yang secara khusus digunakan oleh karyawan sendiri maka Anda dapat membuat aturan yang akan dipatuhi oleh karyawan. Namun saat bekerja di coworking space dimana terdapat karyawan dari perusahaan lain maka Anda harus siap dengan adanya gangguan atau suara bising yang tidak dapat Anda kendalikan. Contohnya seperti rapat atau diskusi dari karyawan perusahaan lain, 

suara orang yang sedang menelpon, atau saat ada karyawan lain yang mendengarkan musik ketika bekerja.

Bagi karyawan yang membutuhkan ruang kerja yang tenang mungkin bekerja di coworking space menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, perusahaan harus bisa menemukan coworking space yang menawarkan ruangan yang tenang.

Solusi jitu kelola karyawan dari jarak jauh!

Sistem HRIS canggih untuk memonitor kinerja dan produktivitas karyawan Anda. WFO atau WFH? Kelola keduanya! Tetap Produktif dengan Dokodemo-Kerja.

Aplikasi HRIS terjangkau untuk tingkatkan produktivitas. Cek di sini!

2. Tempat yang terbatas

Saat perusahaan memiliki kantor sendiri, Anda memiliki kesempatan untuk secara bebas menampilkan merek dan nilai-nilai perusahaan di seluruh desain dan dekorasi ruangan. Namun di coworking space hal tersebut tidak memungkinkan untuk dilakukan. Anda juga tidak bisa menggunakan seluruh ruangan yang tersedia di coworking space karena perusahaan hanya dapat menggunakan ruangan sesuai dengan paket yang sudah dipilih sebelumnya.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa di lingkungan coworking space ada kemungkinan jika perusahaan sulit menerapkan budaya perusahaannya. Oleh karena itu, penting untuk menemukan lingkungan bersama yang memiliki nilai dan budaya yang sama dengan perusahaan Anda.

3. Kurangnya privasi

Perlu Anda ingat bahwa coworking space dibangun untuk dapat digunakan bersama. Oleh sebab itu, masalah privasi bisa menjadi salah satu kekurangan dari tempat kerja ini. Karyawan cenderung untuk mendiskusikan ide dengan satu atau dua rekan kerjanya sebelum mengusulkan ide tersebut ke pimpinan dan mereka membutuhkan ruang yang private untuk mendiskusikan hal tersebut.

Selain itu, saat bekerja di coworking space, tidak menutup kemungkinan jika Anda bekerja pada satu gedung yang sama dengan pesaing bisnis. Jadi, jika Anda sedang meeting membahas strategi pemasaran maka hal tersebut mungkin akan sulit dilakukan secara private.

Baca Juga: Sistem Informasi Sumber Daya Manusia: Pengertian dan Fungsinya

apa itu coworking space
Sumber: www.freepik.com/rawpixel-com

Tips Mengelola Karyawan yang Bekerja di Coworking Space

Dengan semakin majunya teknologi serta meningkatnya popularitas coworking space, maka semakin banyak perusahaan yang mempertimbangakan untuk menggunakan ruang kerja bersama ini. Berdasarkan penelitian dari Global Coworking Unconference Conference, jumlah karyawan yang memilih ruang kerja bersama coworking space untuk bekerja mengalami peningkatan sebesar lebih dari 24 persen setiap tahun. Setelah Anda mengetahui apa itu coworking space dan memutuskan untuk menggunakan ruang kerja bersama, maka Anda perlu melakukan beberapa persiapan seperti memperbarui kebijakan perusahaan. 

Selain itu, ketika karyawan bekerja secara lebih fleksibel di coworking space, bukan berarti karyawan bisa bebas bekerja tanpa pengawasan. Monitoring pekerjaan tetap perlu dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh karyawan tetap produktif, disiplin, dan bertanggung jawab terhadap tugas-tugasnya.

Untuk mengelola karyawan yang bekerja di coworking space, Anda bisa mengandalkan aplikasi Dokodemo-Kerja. Pada dasarnya, aplikasi ini merupakan aplikasi absensi online dengan beragam fitur yang dapat memantau produktivitas karyawan. Beberapa fitur tersebut adalah:

  • Absensi online

Dengan fitur ini, perusahaan dapat memantau jam kehadiran karyawan setiap harinya.

  • Time tracker

Fitur ini membantu perusahaan untuk melacak total jam kerja harian karyawan

  • Desktop screenshot

Fitur ini berguna untuk mengawasi aktivitas yang dilakukan karyawan dari perangkat laptopnya. Dengan fitur ini, perusahaan dapat mengawasi apakah karyawan melakukan aktivitas diluar pekerjaanya seperti bermain game atau membuka media sosial.

Selain itu, Dokodemo-Kerja juga dilengkapi dengan beragam fitur lain untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Apabila perusahaan Anda membutuhkan aplikasi monitoring yang bekerja optimal, maka Dokodemo-Kerja adalah solusinya. Silakan hubungi kami untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai cara kerja aplikasi kami. Anda juga bisa menggunakan Dokodemo-Kerja versi demo secara GRATIS dengan klik di sini.

Related Articles

Related Articles