Pelajari Apa Itu Sumber Daya Manusia, Fungsi, & Strategi Pengembangannya di Sini!

Apa itu sumber daya manusia? Sumber daya manusia adalah orang-orang atau karyawan yang bekerja untuk suatu perusahaan. Mereka adalah sumber daya yang perlu dikelola dengan baik agar bisnis bisa menghasilkan banyak keuntungan.

Beberapa perusahaan mungkin hanya akan fokus dalam mengelola sumber daya fisik dan sumber daya finansial ketika menjalankan bisnisnya. Padahal, perusahaan juga membutuhkan sumber daya manusia karena mereka dibekali keterampilan serta kemampuan untuk berpikir sehingga produk maupun layanan yang ditawarkan bisa memiliki value yang lebih baik di mata konsumen.  

Satu Aplikasi, beragam Fungsi!

Dokodemo-Kerja, Aplikasi Absensi Online terbaik dengan fitur lengkap untuk meningkatkan Produktivitas karyawan. Pengelolaan Absensi dan Cuti, Task Management, hingga Evaluasi kinerja karyawan hanya dengan satu aplikasi.

Kelola Karyawan Makin Mudah dengan Aplikasi HRD Dokodemo-Kerja. Coba Sekarang!

Bisa dikatakan bahwa sumber daya manusia ini menjadi pilar penting yang berpengaruh pada keberhasilan atau kegagalan bisnis. Sumber daya manusia adalah aset penting yang akan membantu perusahaan dalam mengelola kebutuhan bisnis sehari-hari, menangani pelanggan secara efektif, serta menawarkan produk/jasa kepada konsumen.

Mengingat peran SDM sangat krusial, saat ini banyak perusahaan yang mempraktikkan strategi Pengembangan SDM. Dengan begitu, karyawan atau SDM yang dimilikinya bisa jauh lebih berkembang dan menghasilkan lebih banyak keuntungan bagi bisnis.

Jadi, sebenarnya apa itu sumber daya manusia? apa saja fungsi dan peran pentingnya bagi perusahaan? Silakan simak terus artikel berikut karena kami akan menjelaskannya untuk Anda.

Apa Itu Sumber Daya Manusia?

Secara sederhana, pengertian sumber daya manusia adalah individu atau orang yang bekerja di suatu perusahaan atau organisasi. Mereka berperan sebagai penggerak suatu organisasi baik itu perusahaan ataupun institusi dan sebagai aset penting yang harus dikelola, dilatih, dan dikembangkan kemampuannya.

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa sumber daya manusia ini juga bisa diartikan berdasarkan pengertian mikro dan makro sebagai berikut:

  • Menurut pengertian mikro, sumber daya manusia adalah individu yang bekerja dan menjadi anggota suatu perusahaan atau institusi yang biasanya disebut dengan buruh, pegawai, karyawan, pekerja, tenaga kerja dan lain sebagainya. 
  • Menurut pengertian makro, sumber daya manusia adalah penduduk negara yang sudah memasuki usia angkatan kerja, baik yang belum bekerja atapun yang sudah bekerja.

Pengertian Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Para ahli juga memiliki definisi masing-masing untuk menjelaskan apa itu sumber daya manusia. Berikut beberapa di antaranya.

1. Sonny Sumarsono

Menurut Sonny Sumarsono, sumber daya manusia memiliki dua pengertian. Pertama, sumber daya manusia didefinisikan sebagai jasa atau usaha kerja yang diberikan dalam proses produksi. Dengan kata lain, SDM menggambarkan kualitas usaha yang dilakukan oleh seseorang dalam waktu tertentu untuk menghasilkan suatu barang dan jasa.

Kemudian pengertian yang kedua menjelaskan bahwa SDM berkaitan dengan manusia yang bisa bekerja untuk memberikan jasa atau usaha kerja. Di sini, mampu bekerja bisa diartikan bahwa manusia tersebut mampu melakukan segala kegiatan yang memiliki kegiatan ekonomis.

2. Hariandja

Berdasarkan penjelasan dari Hariandja, sumber daya manusia (SDM) diartikan sebagai salah satu faktor yang memiliki peran sangat penting di dalam suatu perusahaan disamping faktor lain seperti modal. Oleh sebab itu, SDM di organisasi/ perusahaan harus bisa dikelola dengan baik untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi, sebagai salah satu fungsi dalam perusahaan yang dikenal dengan manajemen sumber daya manusia.

3. MTE Hariandja

MTE Hariandja mendefinisikan sumber daya manusia sebagai salah satu faktor paling utama pada suatu perusahaan dilihat dari faktor-faktor lain selain modal. Oleh karena itu, sumber daya manusia perlu dikelola dengan sangat baik agar efektivitas dan efisiensi perusahaan bisa semakin meningkat.

Fungsi Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia memegang peran yang penting. Mereka menjadi komponen penting yang berfungsi sebagai penggerak kegiatan produksi pada sebuah organisasi atau perusahaan. 

Meskipun saat ini banyak perusahaan yang memanfaatkan mesin untuk mengerjakan berbagai tugas, namun perlu diperhatikan bahwa keberadaan sumber tenaga manusia tetap tidak bisa sepenuhnya digantikan. Sumber daya manusia yang berkualitas dibekali dengan pengetahuan, keterampilan, kreativitas, serta memiliki kemampuan untuk berpikir dan memberikan ide-ide segar sehingga tetap memiliki fungsi penting bagi perusahaan.

Nah di dalam sebuah perusahaan atau organisasi, fungsi sumber daya manusia adalah sebagai berikut:

  • menjadi tenaga Kerja untuk menghasilkan barang atau jasa.
  • sebagai tenaga ahli yang dapat memberikan arahan, pengetahuan dan pengalaman untuk kemajuan bisnis
  • berperan sebagai pimpinan yang mampu mengarahkan, memotivasi, dan mengawasi tenaga kerja di bawahnya agar tugas-tugas bisa dikerjakan dengan sebagai mungkin sehingga tujuan bisnis dapat tercapai

Baca Juga: Pengertian & Contoh Tenaga Kerja Terlatih. Cek Penjelasannya di Sini!

Sumber: www.freepik.com/pressfoto

Pengembangan Sumber Daya Manusia (Pengembangan SDM)

Setelah Anda mengetahui apa itu sumber daya manusia maka Anda bisa memahami bahwa sumber daya tersebut tidak hanya perlu dikelola namun juga dikembangkan. Oleh sebab itulah, praktik pengembangan sumber daya manusia dilakukan.

Solusi jitu kelola karyawan dari jarak jauh!

Sistem HRIS canggih untuk memonitor kinerja dan produktivitas karyawan Anda. WFO atau WFH? Kelola keduanya! Tetap Produktif dengan Dokodemo-Kerja.

Aplikasi HRIS terjangkau untuk tingkatkan produktivitas. Cek di sini!

Pada dasarnya, pengembangan sumber daya manusia adalah suatu aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan ataupun organisasi untuk mengembangkan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan dari karyawan yang dimilikinya. Pengembangan ini dilakukan dalam jangka yang panjang dan berorientasi pada tujuan perusahaan.

Selain itu, beberapa ahli juga memiliki pemikiran masing-masing terkait definisi dari pengembangan sdm seperti berikut:

  • Menurut M.M. Khan, pengembangan sumber daya manusia adalah suatu bentuk peningkatan pengetahuan, sikap, dan kemampuan kerja karyawan yang positif dalam sebuah perusahaan.
  • Menurut Prof. T.V. Rao, pengembangan SDM adalah proses di mana karyawan akan dibantu secara terus menerus dan terencana agar bisa memperoleh atau mempertajam kemampuan yang diperlukan untuk melakukan berbagai fungsi yang terkait dengan peran mereka saat ini atau yang diharapkan di masa mendatang.
  • Kemudian menurut Chris Rowley dan Keith Jackson, pengembangan sumber daya manusia merupakan proses yang dilakukan untuk mengembangkan pengetahuan, keahlian, dan kemampuan pekerja, demikian juga dengan kompetensi-kompetensi yang dikembangkan melalui pelatihan dan pengembangan, pembelajaran organisasi, manajemen kepemimpinan, dan manajemen pengetahuan untuk kepentingan peningkatan kinerja.

Pengembangan SDM Berbeda dengan Manajemen SDM

Pengembangan SDM atau Human Resource Development (HRD) berbeda dengan manajemen SDM atau Human Resource Management (HRM). Kedua area dalam pengelolaan tenaga kerja tersebut dapat dibedakan berdasarkan beberapa point seperti berikut:

  1. Pengembangan  SDM (HRD) lebih fokus pada pengembangan. Sebaliknya, manajemen SDM (HRM) lebih fokus pada pemeliharaan tenaga kerja di perusahaan.
  2. Perbedaan HRD dan HRM yang selanjutnya bisa dilihat dari tujuannya. Pengembangan SDM dilakukan untuk mengembangan karyawan agar kinerja orang-orang yang bekerja di dalam suatu perusahaan bisa meningkat. Sedangkan manajemen SDM dilakukan untuk meningkatkan efisiensi karyawan sehingga mereka bisa ditempatkan di posisi yang tepat. Bidang SDM ini juga dilakukan untuk mengembangkan dan memelihara hubungan antara perusahaan dan tenaga kerjanya sehingga dapat menarik lebih banyak kandidat sekaligus mempertahankan karyawan berbakat yang dimilikinya. 
  3. Tanggung jawab pengemangan sdm diberikan kepada semua manajer di berbagai tingkatan organisasi. Sedangkan pengembangan sumber daya manusia diberikan kepada personel / departemen HRM dan manajer personalia.

Baca Juga: Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM): Pengertian, Tujuan, dan Contohnya

Contoh Pengembangan Sumber Daya Manusia

1. Penilaian kinerja

Penilaian kinerja dilakukan untuk  melihat seberapa baik seorang karyawan dalam melakukan tugas-tugasnya. Dengan begitu, perusahaan bisa mengidentifikasi apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari karyawan tersebut. 

Proses penilaian kinerja ini dapat dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu: 

  • Menetapkan standar kinerja/ indikator kinerja
  • Mengkomunikasikan standar tersebut kepada karyawan
  • Mulai mengukur kinerja
  • Membandingkan kinerja aktual dengan standar yang ditetapkan

2. Penilaian potensi

Penilaian potensi adalah proses melacak keterampilan yang belum terungkap bahkan kemampuan-kemampuan yang belum disadari oleh karyawan itu sendiri. Hal ini dilakukan untuk mengidentifikasi potensi karyawan untuk bisa lebih berkembang di dalam struktur organisasi. Selain itu, penilaian potensi yang baik juga akan membantu perusahaan untuk memilih kandidat yang paling sesuai untuk menjalankan suatu tanggung jawab yang baru/jabatan baru. 

3. Mengadakan konseling untuk pemberian feedback

Pemberian feedback dapat berguna untuk memantau bagaimana progres dari pengembangan karyawan serta mengidentifikasi kebutuhan akan program pelatihan di perusahaan. Selain itu, konseling untuk memberikan umpan balik pada karyawan juga berguna untuk memperkuat hubungan antara atasan dan bawahan.

4. Program pelatihan  

Pelatihan memegang peranan penting dalam pengembangan sumber daya manusia. Pada umumnya, program pelatihan ini bisa dilakukan secara eksternal ataupun internal. Jika perusahaan menginginkan pelatihan internal, maka perusahaan dapat mengadakan training di lingkungan perusahaan dan orang-orang yang melatih pun datang dari pihak internal perusahaan  itu sendiri. Sedangkan untuk pelatihan eksternal maka perusahaan perlu mendatangkan pihak eksternal untuk membantu memberikan training pada karyawan. 

Dari penjelasan di atas, Anda dapat mengetahui apa itu sumber daya manusia, fungsi, dan cara mengembangkannya. Jika Anda saat ini membutuhkan suatu Sistem Informasi Manajemen SDM untuk mengelola tenaga kerja di perusahaan, Anda bisa menggunakan Dokodemo-Kerja.

Dokodemo-Kerja menyediakan beragam fitur yang dapat mempermudah tim HRD perusahaan Anda dalam memonitor kinerja karyawan mulai dari absensi online, GPS tracker, time tracker, dan masih banyak lagi. Silakan hubungi kami untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut. Anda juga bisa klik fitur Dokodemo-Kerja untuk mempelajari beragam fungsionalitas yang dimiliki SISDM ini. 

Related Articles

Related Articles