Ingin Kerja di Luar Negeri dengan Sistem Remote Work? Begini Caranya!

Kerja di luar negeri menjadi salah satu hal yang diinginkan oleh banyak pekerja. Terlebih jika pekerjaan tersebut dapat dilakukan secara remote dari Indonesia. Nah, jika Anda termasuk salah satu orang yang menginginkannya, silakan simak artikel berikut untuk mengetahui bagaimana cara mendapatkannya.

Kemajuan teknologi telah membuat banyak orang bisa bekerja dari jarak jauh bahkan dari luar negeri. Sebelumnya, sistem remote work hanya populer di kalangan freelancer namun saat ini sudah semakin banyak pekerja full time yang bisa secara fleksibel bekerja dari luar negeri dengan sistem kerja tersebut.

Satu Aplikasi, beragam Fungsi!

Dokodemo-Kerja, Aplikasi Absensi Online terbaik dengan fitur lengkap untuk meningkatkan Produktivitas karyawan. Pengelolaan Absensi dan Cuti, Task Management, hingga Evaluasi kinerja karyawan hanya dengan satu aplikasi.

Kelola Karyawan Makin Mudah dengan Aplikasi HRD Dokodemo-Kerja. Coba Sekarang!

Di Indonesia sendiri, remote work sudah semakin populer. Bahkan banyak perusahaan yang lebih memilih untuk menggunakan ruang kantor modern seperti co-working space, hot desk, virtual office atau yang lain karena sebagian besar karyawannya dapat bekerja dari jarak jauh atau dari rumah.

Selain itu, perlu diketahui bahwa minat orang untuk bisa bekerja secara remote untuk pekerjaan di luar negeri juga terus meningkat. Dengan cara ini, maka pekerja bisa memperoleh peluang untuk menghasilkan income yang lebih besar. 

Nah, jika Anda ingin bekerja di luar negeri dengan sistem remote work, berikut kami sajikan beberapa tips untuk bisa mendapatkannya. Yuk, simak!

Cara Kerja di Luar Negeri dengan Sistem Remote Work

1. Melakukan riset terlebih dahulu

Sebelum Anda mulai mencari pekerjaan di luar negeri atau mengikuti proses rekrutmen dan seleksi karyawan, ada baiknya jika Anda melakukan beragam riset terlebih dahulu. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan bahwa Anda bisa bekerja di luar negeri dengan lancar. Beberapa hal yang perlu dipastikan adalah sebagai berikut:

  • Pajak yang harus dibayarkan

Sebelum kerja di luar negeri dengan sistem remote work, pahami terlebih dahulu peraturan terkait pajak penghasilan atau PPh yang perlu dibayarkan. Jadi, periksa peraturan yang berlaku terkait pembayaran dan tanggung jawab pajak Anda.

  • Time zone yang akan dipilih

Memilih pekerjaan di luar negeri berarti Anda akan bekerja dengan time zone yang berbeda dengan Indonesia. Sebagai contoh, jika Anda ingin bekerja untuk perusahaan di Amerika maka akan ada perbedaan zona waktu yaitu lebih dari 10 jam. Pertimbangkan terlebih dahulu hal ini, pastikan apakah perbedaan zona waktu tersebut dapat menimbulkan permasalahan atau tidak.

  • Bahasa yang digunakan

Hal penting yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah terkait penggunaan bahasa. Hal ini juga harus Anda pastikan terlebih dahulu karena perbedaan bahasa tentu akan membuat sulit berkomunikasi. Oleh karena itu, saat mencari kerja di luar negeri dengan sistem remote pastikan bahwa Anda menguasai bahasa yang mereka gunakan sehari-hari.

2. Kembangkan keterampilan remote work yang Anda miliki

Saat bekerja dengan sistem kerja jarak jauh, maka akan ada banyak hal yang perlu Anda tangani sendiri. Jadi, untuk meyakinkan pemberi kerja bahwa Anda benar-benar bisa bekerja dengan sistem kerja tersebut, maka terdapat beberapa keterampilan yang perlu Anda kuasai. Contohnya seperti:

  • familiar dengan aplikasi kerja remote seperti aplikasi HRIS, manajemen proyek, aplikasi video conference, dll
  • dapat bekerja secara mandiri
  • kemampuan manajemen waktu yang baik
  • kemampuan komunikasi yang baik
  • mudah beradaptasi
  • fokus pada pekerjaan
  • aware terhadap cybersecurity 
  • dan lain-lain.

Dengan menguasai berbagai keterampilan di atas, Anda bisa meyakinkan pemberi kerja bahwa Anda sudah benar-benar siap untuk bekerja dari jarak jauh. Jadi, sebaiknya kuasai keterampilan tersebut agar Anda bisa bekerja dengan lancar.

Baca Juga: Tantangan Manajemen Waktu dan Cara untuk Mengatasinya

3. Cari lowongan kerja di luar negeri dengan sistem remote

Langkah selanjutnya adalah mencari lowongan kerja di luar negeri yang menerapkan sistem remote work. Saat ini ada begitu banyak platform terbaik untuk menemukan lowongan kerja remote di berbagai belahan dunia. Berikut kami berikan beberapa rekomendasi situs tersebut:

Melalui platform tersebut, Anda bisa menemukan banyak perusahaan yang dapat mempekerjakan anggota tim dari berbagai wilayah di dunia. Dengan begitu, Anda bisa menemukan lowongan kerja di luar negeri yang menerapkan sistem kerja remote.

Sumber: www.freepik.com/tirachardz

4. Lamar lowongan kerja yang paling sesuai

Jika Anda sudah menemukan lowongan pekerja yang paling sesuai dengan keterampilan Anda, maka Anda dapat segera mengirim surat lamaran. Pastikan format ataupun isi CV yang Anda kirimkan menjelaskan informasi yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan tersebut.

Selain itu, tim recruitment biasanya akan menggunakan applicant tracking systems yang secara otomatis dapat memindai resume untuk kata kunci tertentu. Jadi, cari kata kunci spesifik yang digunakan perusahaan saat memposting lowongan kerja kemudian gunakan kata kunci tersebut pada surat lamaran Anda.

Solusi jitu kelola karyawan dari jarak jauh!

Sistem HRIS canggih untuk memonitor kinerja dan produktivitas karyawan Anda. WFO atau WFH? Kelola keduanya! Tetap Produktif dengan Dokodemo-Kerja.

Aplikasi HRIS terjangkau untuk tingkatkan produktivitas. Cek di sini!

5. Persiapkan wawancara virtual

Agar wawancara bisa berjalan dengan lancar, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • siapkan ruang wawancara yang terbebas dari gangguan
  • pastikan Anda memiliki koneksi internet yang kuat dan lancar
  • berlatih menjawab pertanyaan yang umum diajukan oleh pewawancara
  • ajukan pertanyaan agar Anda bisa memiliki gambaran terkait budaya kerja di perusahaan tersebut
  • jika Anda tidak mendapatkan informasi kapan feedback akan diberikan, Anda bisa melakukan follow up melalui email. Jangan lupa untuk ucapkan terimakasih atas kesempatan wawancara yang telah diberikan.

Baca Juga : 5 Teknik Wawancara Kerja yang Efektif untuk Dipraktikkan HRD

6. Mulai bekerja di luar negeri dengan sistem remote

Saat Anda berhasil memperoleh pekerjaan yang diinginkan, Anda perlu memulainya dengan benar. Dengan demikian, Anda bisa dalam kondisi yang siap saat memulai pekerjaan baru tersebut.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa Anda persiapkan sebelum mulai bekerja:

  • Pastikan Anda memiliki peralatan yang dibutuhkan untuk bekerja. Anda juga bisa menanyakan hal ini pada pihak perusahaan jika terdapat tools tertentu yang akan dipergunakan saat bekerja.
  • Isi formulir atau persiapkan dokumen yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  • Luangkan waktu untuk terus mengasah keterampilan Anda.
  • Persiapkan ruangan yang nyaman dan bisa membuat Anda fokus bekerja.

Kemajuan teknologi memang telah memudahkan orang untuk bisa melakukan berbagai hal secara virtual, termasuk untuk bekerja. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda beradaptasi dengan kemajuan teknologi tersebut untuk mendapatkan income yang lebih tinggi.

Beberapa tips di atas bisa Anda lakukan untuk bisa mendapatkan pekerjaan di luar negeri dengan sistem kerja remote. Perlu Anda tahu, di Indonesia sendiri sebenarnya ada begitu banyak perusahaan yang masih menerapkan sistem remote working meskipun kondisi pandemi Covid-19 sudah semakin stabil. Mereka mengelola tim atau karyawan yang tersebar di berbagai daerah dari jarak jauh dengan memanfaatkan aplikasi HRIS.

Dokodemo-Kerja, Aplikasi HRIS untuk Kerja Remote

Perlu Anda ketahui, salah satu aplikasi yang akan dipergunakan saat kerja remote adalah aplikasi HRIS. Aplikasi ini dapat dipergunakan untuk presensi/absensi online sekaligus memantau kinerja karyawan dari jarak jauh. 

Dokodemo-Kerja sendiri memiliki beberapa fitur untuk memonitor karyawan seperti:

  • Time tracker: melacak jam kerja
  • GPS tracker: melacak lokasi kerja karyawan
  • Screen monitoring: memonitor aktivitas karyawan dengan membuat screen capture pada layar desktop karyawan

Dengan beragam fitur tersebut, karyawan yang bekerja dari wilayah atau negara lain pun akan tetap terpantau dengan sangat baik. Sampai saat ini, Dokodemo-Kerja sudah digunakan oleh banyak perusahaan di Indonesia dan terbukti mampu mendorong produktivitas karyawan.

Aplikasi ini ditujukan untuk para praktisi HR agar proses manajemen SDM di perusahaan bisa berjalan dengan lebih optimal. Untuk informasi lebih lanjut mengenai aplikasi ini, silakan klik Fitur HRIS Dokodemo-Kerja

Related Articles

Related Articles