Top Aplikasi Absensi Online untuk Pegawai, Lacak Kehadiran Jadi Mudah

Aplikasi absensi online untuk pegawai semakin populer seiring semakin banyaknya perusahaan yang menerapkan sistem kerja remote atau Work From Home. Jika perusahaan Anda menerapkan sistem kerja jarak jauh ini, pada artikel berikut kami akan memberikan beberapa rekomendasi aplikasi yang bisa digunakan untuk mencatat daftar kehadiran karyawan (absensi) secara digital.

Seperti yang mungkin sudah Anda sadari, jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, lowongan kerja remote menjadi lebih mudah ditemukan. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada semakin banyak perusahaan yang memberikan fleksibilitas lokasi bekerja bagi para karyawannya.

Satu Aplikasi, beragam Fungsi!

Dokodemo-Kerja, Aplikasi Absensi Online terbaik dengan fitur lengkap untuk meningkatkan Produktivitas karyawan. Pengelolaan Absensi dan Cuti, Task Management, hingga Evaluasi kinerja karyawan hanya dengan satu aplikasi.

Kelola Karyawan Makin Mudah dengan Aplikasi HRD Dokodemo-Kerja. Coba Sekarang!

Tidak bisa dipungkiri, kepopularitasan sistem kerja remote meningkat akibat adanya pandemi Covid-19. Pada tahun 2020, virus Covid-19 mulai menyebar ke berbagai wilayah di dunia sehingga memaksa pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan lockdown di mana masyarakat harus meminimalisir aktivitas di luar rumah. Di sisi lain, bisnis tetap harus berjalan sehingga perusahaan mengeluarkan kebijakan Work From Home bagi para karyawannya.

Meskipun begitu, produktivitas karyawan harus tetap dipantau. Oleh karena itulah, aplikasi absensi online menjadi semakin dibutuhkan.

Apa yang Dimaksud Aplikasi Absensi Online untuk Pegawai?

Sesuai dengan namanya, aplikasi absensi online untuk pegawai adalah aplikasi yang dipergunakan untuk mencatat absensi karyawan secara digital. Aplikasi ini biasanya dirancang dengan sejumlah fungsionalitas seperti mencatat clock in dan clock out karyawan, time tracker, payroll, dan masih banyak lagi. 

Berbeda dengan alat absensi konvensional yang membutuhkan mesin fisik, aplikasi absensi online ini berbentuk perangkat lunak atau software.  Untuk menggunakannya, Anda hanya harus menginstalnya di dalam perangkat desktop atau smartphone kemudian menghubungkannya dengan koneksi internet. Setelah itu, data absensi akan terkirim secara real time ke database untuk dicek oleh tim HRD di perusahaan.

Baca Juga: Mesin Absensi Fingerprint vs Aplikasi Absensi Online. Mana yang Lebih Baik?

aplikasi absensi online untuk pegawai

Rekomendasi Aplikasi Absensi Online untuk Pegawai

1. Time Doctor

Time Doctor adalah aplikasi untuk memantau kinerja karyawan serta mencatat daftar kehadiran karyawan. Aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh perusahaan kecil ataupun besar untuk meningkatkan produktivitas secara keseluruhan.

Untuk melakukan absensi dan menghitung jam kerja, karyawan cukup klik tombol “start”. Sedangkan saat berhenti bekerja, karyawan dapat menekan tombol “stop”. Sesaat setelah karyawan melakukan absensi, maka fitur ini dapat mulai melacak kehadiran atau jam kerja karyawan.

Berikut adalah fitur-fitur utama yang disediakan:

Attendance reporting 

Time Doctor menyediakan fitur berupa attendance reporting yang berisi daftar kehadiran karyawan secara detail. Dari fitur ini Anda bisa melihat jam karyawan mulai bekerja, info jam kerja yang sebenarnya, total jam kerja, info karyawan yang terlambat bekerja, dan lain-lain.

Payroll

Time Doctor memiliki fitur payroll atau sistem untuk penggajian yang memungkinkan perusahaan dapat membayar gaji karyawan secara langsung dari aplikasi.

Work Schedules  

Fitur work schedules dari Time Doctor memungkinkan Anda untuk bisa membuat dan mengedit jadwal kerja karyawan. Jika perusahaan Anda menerapkan sistem kerja shift maka fitur ini akan sangat membantu.

2. Dokodemo-Kerja

Aplikasi absensi online untuk pegawai di Indonesia yang bisa Anda gunakan adalah Dokodemo-Kerja. Aplikasi absensi ini sangat mudah digunakan bahkan bagi karyawan yang tidak paham dengan teknologi sekalipun.

Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda cukup menginstal aplikasi Dokodemo-Kerja di laptop atau smartphone yang sudah terhubung dengan koneksi internet. Selanjutnya, karyawan Anda cukup menekan tombol “Start” untuk melakukan absensi secara online dan sistem absensi digital ini akan mulai bekerja menghitung jam kerja karyawan. Saat ingin berhenti bekerja atau beristirahat, karyawan cukup menekan tombol “Stop”.

Perlu Anda tahu, Dokodemo-Kerja ini juga dikenal sebagai aplikasi untuk monitoring pekerjaan karena tidak hanya menyediakan sistem absensi online saja namun juga fitur untuk memantau pekerjaan karyawan. Berikut ini adalah fitur-fitur utama yang disediakan:

E-absensi

Karyawan dapat melakukan absensi digital dengan menekan tombol “Start”. Setelah karyawan melakukan absensi, maka sistem akan mencatat clock in ataupun clock out karyawan (jam mulai dan jam berakhir bekerja).

Time tracker

Setelah karyawan melakukan absensi, fitur time tracker akan mulai menghitung jam kerja karyawan. Melalui fitur ini, Anda bisa mengetahui berapa total jam karayan Anda bekerja dalam satu hari, satu minggu, atau bahkan satu bulan.

Screen monitoring

Khawatir jika karyawan Anda bermain game online atau membuka media sosial saat bekerja? Tidak perlu khawatir, fitur screen monitoring akan membantu memantaunya untuk Anda. Secara garis besar fitur screen monitoring ini akan membuat tangkapan layar (desktop screenshot) pada monitor laptop karyawan. Fitur ini akan membuat screenshot dalam waktu yang acak. Selain itu untuk menjaga privasi karyawan, hasil screenshot yang kami kumpulkan akan disediakan dalam resolusi yang rendah sehingga isi teks tetap tidak bisa terbaca oleh pihak admin.

GPS tracker

GPS tracker atau pelacak GPS berguna untuk memantau lokasi kerja tim sales atau marketing lapangan Anda. Dengan fitur ini Anda bisa melihat lokasi mana saja yang dikunjungi oleh karyawan serta berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk setiap kunjungan ke tempat klien.

Attendance Reporting

Untuk memudahkan tugas HRD dalam memonitor kedisiplinan karyawan, Dokodemo-Kerja juga menyajikan attendance reporting. Di sini, tim HRD di perusahaan Anda bisa melihat daftar kehadiran karyawan dengan lebih mudah seperti jam clock in/clock out, daftar karyawan yang terlambat, total jam kerja, cuti karyawan, dan masih banyak lagi. Fitur ini akan memudahkan Anda saat harus membuat report kehadiran karyawan.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Harga Aplikasi Absensi Online dan Cara Kerjanya di Sini!

3. Hubstaff

Aplikasi absensi online untuk pegawai yang selanjutnya adalah Hubstaff. Aplikasi ini memiliki berbagai fungsionalitas yang berguna untuk tim HRD Anda dalam melakukan Manajemen Sumber Daya Manusia di perusahaan Anda. Hubstaff dapat digunakan untuk melacak jam kerja, memantau lokasi, mengelola gaji, serta memonitor produktivitas harian karyawan. Selain itu, aplikasi ini juga dapat terintegrasi dengan aplikasi task management seperti Jira atau Trello sehingga memudahkan perusahaan untuk memonitor kinerja seluruh karyawannya.

Solusi jitu kelola karyawan dari jarak jauh!

Sistem HRIS canggih untuk memonitor kinerja dan produktivitas karyawan Anda. WFO atau WFH? Kelola keduanya! Tetap Produktif dengan Dokodemo-Kerja.

Aplikasi HRIS terjangkau untuk tingkatkan produktivitas. Cek di sini!

Beberapa fitur utama yang disediakan oleh Hubstaff adalah sebagai berikut:

Time tracker

Fitur ini dapat digunakan untuk melacak daftar kehadiran karyawan, jam kerja karyawan, serta berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh mereka untuk menyelesaikan proyek.

Employee Monitoring

Selain dapat digunakan untuk melacak jam kerja karyawan, Hubstaff  juga dapat memantau produktivitas karyawan secara diam-diam. Saat karyawan bekerja atau saat jam kerja, fitur ini dapat melihat situs web apa saja yang dikunjungi oleh karyawan, aplikasi apa saja yang sedang dibuka, serta dapat membuat screenshot layar laptop karyawan.

Workforce management

Fitur workforce management akan memudahkan Anda saat melakukan manajemen SDM atau manajemen personalia. Fitur ini akan membantu membuat jadwal kerja karyawan, mengelola gaji, faktur, task management, dan lain-lain.

4. TimeCamp

TimeCamp adalah aplikasi absensi online untuk karyawan yang juga menyediakan laporan komprehensif. Untuk memantau kinerja karyawan dengan lebih baik, aplikasi ini juga dapat terintegrasi dengan aplikasi manajemen proyek seperti Trello, Asana, Jira, dan masih banyak lagi.

TimeCamp memiliki beberapa fitur yang diunggulkan yaitu:

Time tracker

Fitur untuk melacak clock in dan clock out karyawan. Selain itu aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk mengetahui persentase waktu yang dihabiskan oleh karyawan saat membuka aplikasi atau situs website yang digunakan untuk bekerja.

Day off management

Memungkinkan karyawan untuk mengajukan cuti dan izin secara digital. Data-data terkait cuti akan disimpan di dalam aplikasi sehingga memudahkan tim HRD saat harus mengelolanya.

Project Profitability tracker

Selain mengelola produktivitas karyawan, aplikasi ini juga dapat memudahkan Anda saat mengelola anggaran proyek. TimeCamp akan menyediakan laporan terkait proyek yang sedang dikerjakan karyawan seperti tanggal, total jam kerja, total anggaran, dan total biaya proyek. Dengan fitur ini, Anda bisa melihat apakah proyek yang sedang dikerjakan sesuai dengan budget yang ditetapkan. 

5. Connecteam

Aplikasi absensi online yang selanjutnya adalah Connecteam. Aplikasi ini menawarkan solusi mobile-first all-in-one sehingga manajer dapat mengelola tenaga kerja mereka secara efisien dari mana saja dan kapan saja. Connecteam memiliki beberapa fungsionalitas utama yaitu:

Daily operations

ConnecTeam dapat memudahkan berbagai tugas harian mulai dari melakukan clock in clock out, melacak lokasi GPS karyawan, task management, dan masih banyak lagi.

Communication

Aplikasi ini juga menyediakan fungsionalitas berupa fitur chat sehingga dapat membuat tim tetap terhubung.

HR & People Management

Dengan aplikasi ini, Anda akan terbantu saat harus melakukan manajemen SDM. ConnecTeam memudahkan Anda untuk memberikan pelatihan serta penghargaan pada karyawan. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk mengelola data karyawan dengan baik.

Cari Absensi Online Gratis? Coba Dokodemo-Kerja Versi Demo!

Saat ini memang ada banyak pilihan aplikasi absensi online, namun jika Anda membutuhkan sistem absensi online yang mudah digunakan serta menyediakan fitur monitoring yang mampu meningkatkan produktivitas karyawan maka Dokodemo-Kerja adalah pilihan yang tepat. Aplikasi ini mudah digunakan serta memiliki sistem keamanan yang baik untuk melindungi data-data karyawan Anda.

Saat ini kami menyediakan versi demo jika Anda ingin mencoba menggunakan sistem absensi online secara gratis. Klik di sini untuk mulai menggunakan Dokodemo-Kerja versi Gratis. Anda juga bisa menghubungi tim kami jika membutuhkan bantuan untuk mengoperasikannya. 

Related Articles

Related Articles